Pengusaha Paparkan Tantangan Ekonomi RI di 2019

22

KETUA Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani memaparkan tantangan yang akan dihadapi ekonomi Indonesia di 2019.

Tantangan pertama terkait perang dagang yang terjadi antara Amerika Serikat (AS) dan China. Bahkan akibat isu ini, IMF telah menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia menjadi 3,7 persen.

“IMF sudah menurunkan proyeksinya dari 3,9 persen menjadi 3,7 persen. Ada kekhawatiran perang dagang,” ujar dia di kawasan Kuningan, Jakarta, Senin (26/11/2018).

Tantangan kedua, yaitu fluktuasi harga minyak. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap Indonesia mengingat masih ketergantungan terhadap impor. “Kemudian, fluktuasi harga minyak dunia,” jelasnya.

Dan tantangan ketiga, kondisi politik di dalam negeri, khususnya jelang pemilihan presiden (pilpres) 2019. Akibatnya, para investor masih menunggu kondisi di dalam negeri serta kebijakan yang akan dikeluarkan pemerintah di tahun depan.

‎”Yang kita tunggu, transformasi di 2019 seperti apa, arah kebijakan pemerintahan dan kemungkinan yang memegang pimpinan kementerian dan lembaga akan berganti. Ini akan menentukan arah ekonomi kita seperti apa‎,” tandas dia.(C-003/BBS)***