Teruskan Perjuangan Dewi Sartika

13

Empat Desember Merupakan Tanggal Bersejarah Di Indonesia, Jawa Barat Khususnya. Pada Tanggal Tersebut, Lahir Seorang Pejuang Pendidikan Wanita Bernama Dewi Sartika. Saat Ini, Berbagai Upaya Dilakukan Masyarakat Jawa Barat, Khususnya Keluarga Dewi Sartika, Untuk Meneruskan Perjuangan Salah Satu Pahlawan Nasional Tersebut.

ini adalah salah satu cara keluarga dewi sartika melanjutkan perjuangan sang pejuang emansipasi wanita asal cicalengka jawa barat. sekolah yang berlokasi di jalan babakan jeruk terusan pasteur ini, dikelola cicit dari dewi sartika bernama kenny, berdasarkan pemikiran-pemikiran yang dilahirkan dewi sartika.

kenny mengatakan, dirinya banyak terinspirasi pemikiran yang ditulis dewi sartika dalam buku berjudul kautamaan istri, yang ditulis pad 1913. menjadi seorang perempuan tidak cukup hanya baik, tapi juga harus pintar, sehingga dapat menggunakan dasar-dasar pemikiran yang kuat dalam memutuskan sesuatu. apalagi, perempuan merupakan guru pertama bagi anak-anaknya.

sementara itu, cucu dewi sartika, dini mengatakan, neneknya merupakan sosok wanita yang mandiri, cerdas, dan suka berbagi. apalagi, sejak remaja yaitu pada 1904, dewi sartika sudah mendirikan sekolah untuk wanita. kini, sekolah tersebut sudah berkembang sampai ke sumatera. menurut dini, pendidikan yang ditekankan dewi sartika, yaitu seorang perempuan harus jadi ibu yang cageur, bageur, pinter, singer, dan wanter.

perjuangan dewi sartika pun dikenang dalam berbagai cara hingga saat ini. selasa pagi, berbagai unsur masyarakat hingga murid-murid sekolah dasar dewi sartika pun mengenang perjuangannya dengan berziarah ke makam dewi sartika, di jalan karang anyar bandung. sementara itu, pihak keluarga berharap, pencapaian cita-cita dewi sartika tidak terputus. untuk mengingat perjuangannya, pihak keluarga pun mengajukan dewi sartika menjadi nama bandara internasional jawa barat yang hingga saat ini belum memiliki nama.

budi hartati, bandung tv.