Tingkatkan Daya Saing IKM, Kemenperin Restrukturisasi Mesin

20

Untuk meningkatkan daya saing industri kecil dan menengah atau ikm, kementerian perindustrian melalui direktorat jenderal industri kecol dan menengah terus melakukan pembinaan. Salah satunya, dengan merestrukturisasi mesin atau peralatan ikm.

Saat ini, industri kecil dan menengah masih menghadapi permasalahan, salah satunya masih sederhananya teknologi mesin dan peralatan yang digunakan dalam mendukung proses produksi. hal tersebut berpengaruh pada rendahnya produktivitas dan kualitas produk, yang berakibat pada rendahnya daya saing produk ikm. untuk meningkatkan daya saing ikm, ditjen ikm menggulirkan program prioritas restrukturisasi mesin dan atau peralatan ikm, dalam bentuk pemberian potongan harga bagi ikm yang membeli peralatan untuk menunjang proses produksi. potongan yang diberikan sebesar 25 persen dari harga pembelian peralatan buatan luar negeri, dan 30 persen untuk buatan dalam negeri.

Sejak tahun 2009 hingga 2017, terdapat 726 ikm yang menerima fasilitasi program ini, dengan total potongan harga mencapai 84 koma 75 milyar rupiah, dari nilai investasi 554 koma 63 milyar. ditjen ikm pun berharap, hal ini menjadi pemicu peningkatan produktivitas dan kualitas produk ikm.

Pada tahun 2018, jumlah ikm yang mendapatkan fasilitasi restrukturisasi mencapai 111 dengan total nilai investasi 77 koma 2 milyar, dan potongan 11 koma 78 milyar. ditjen ikm pun berencana menambah anggaran untuk program tersebut di tahun mendatang hingga satu setengah kali lipat.

Budi hartati, bandung tv.