Sembilan Kabupaten dan Kota Anggota BKAD ”Kunci Bersama” Berkomitmen Membangun Daerah

26

Tujuh tahun berdirinya  Badan Koordinasi Antar Daerah (BKAD) ”Kunci Bersama” yang beranggotakan sembilan kabupaten dan kota di wilayah perbatasan Jawa Barat bagian timur dan Jawa Tengah bagian barat, kembali mengadakan  pertemuannya di tahun 2018 ini bertempat di Gedung Banjar Convention Hall , Jalan Pamongkoran, Kota Banjar pada tanggal 2 desember 2018. Sembilan kabupaten / kota yang tergabung dalam BKAD ”Kunci Bersama”, yakni Kabupaten Brebes, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majelangka, Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon dan Kota Banjar.

 Sembilan anggota BKAD ini berkomitmen membangun daerahnya bersama-sama berupa pengembangan infrastruktur,pendidikan,kesehatan dan peningkatan ekonomi.

H .Aang Hamid Suganda, S.Sos ,selaku Ketua BKAD ”Kunci Bersama” serta tokoh masyarakat Jawa barat yang hadir dalam kegiatan ini mengungkapkan, BKAD ”Kunci Bersama” selain memfasilitasi program-program percepatan pembangunan fisik dan perekonomian, juga untuk mempererat tali silaturahmi antar daerah, di antaranya dilaksanakan melalui  kegiatan pekan olahraga dan seni perbatasan (porsenitas) yang rutin dilaksanakan setiap tahun secara bergiliran di kabupaten/kota  anggota BKAD ”Kunci Bersama”, ditambah penyelenggaraan pameran unggulan KUKM.

”BKAD Kunci Bersama dalam  ide dan gagasan kerjasama antar daerah dilandasi oleh semangat kebersamaan, tak hanya itu,  untuk mewujudkan hal tersebut juga diperlukan semangat untuk percepatan pembangunan di daerah-daerah yang berbatasan antar kabupaten, kota , baik  infrastuktur,pendidikan,kesehatan dan ekonomi masyarakatnya,” ungkap  dr. Dr. H. Herman Sutrisno, MM   mantan Wali Kota Banjar yang  hadir dalam kegiatan ini.

Roni selaku team Lapi ITB yang menjadi mitra  BKAD ”Kunci Bersama”  dalam kegiatan ini mengatakan, kedatangan team dari LAPI ITB pada pertemuan anggota BKAD akan membantu penyusunan masterplan kerjasama antar daerah , guna mendukung percepatan pembangunan di daerah  untuk kemajuan dan kesejehateraan masyarakatnya. ***