Awal Tahun 2019 Avanza dan Xenia Menyiasati Persaingan

106

Sejumlah pabrikan otomotif di Indonesia bersiap meluncurkan model-model terbaru yang siap diluncurkan pada tahun 2019.

Beberapa pabrikan bahkan sudah “mencuri start”, bahkan kabarnya sudah ramai di dunia maya.

Hal yang menjadi perhatian calon konsumen di Indonesia adalah Toyota yang akan meluncurkan model terbaru MPV “sejuta umat” yakniToyota Avanza, begitupun dengan saudara kembarnya Daihatsu Xenia.

Persaingan di pasar MPV yang semakin gemuk dengan hadirnya Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga dan Wuling Confero.

Generasi terbaru Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia  akan meluncur awal tahun 2019. Ubahan mobil yang mengisi segmen pasar Low MPV tersebut dipredikti r hanya berupa minor change atau facelift.

Menanggapi hal ini Direktur Penjualan dan Layanan Purnajual PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy mengatakan, Honda Indonesia masih percaya diri dengan Mobilio,  meski lawan terberatnya  akan disegarkan yang berpotensi menurunkan penjualan Mobilio pada tahun depan. Menurutnya, selepas euforia mobil baru, konsumen akan tetap melirik model lain yang punya nilai ekonomis dan brand image yang bagus.   Jonfis tidak menampik bila pamor Mobilio menurun karena desakan mobil-mobil baru.

Berdasarkan data Gaikindo, wholesales Mobilio pada beberapa tahun sebelumnya bisa mencapai 5.000-an unit/bulan. Namun dalam beberapa bulan terkhir hanya bertahan , sekitar 1.500 sampai 2.000-an unit/bulan.

Sementara itu bicara tren segmen Low MPV pada tahun depan, diprediksi akan berjalan stagnan. Meskipun akan ada beberapa model penyegaran, pasar kendaraan multiguna akan diam di tempat.

“Sejak tahun lalu begitu ada Xpander masuk, LMPV market-nya naik, tadinya kan turun terus karena digerus LCGC dan LSUV, ya saya pikir tetap ya, karena belum ada perkiraan tahun depan akan ada recovery besar-besaran,” imbuh Jonfis. (E-002/BBS)***