Peduli Lingkungan, Pegawai PLN Pusharlis Tanam Mangrove

97

Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, belasan pegawai pln pusharlis jabar banten menanam bibit mangrove di kawasan pondok bali subang. Tidak sekadar menanam, pihak pln pun memastikan bibit mangrove tersebut bertumbuh dengan sempurna, melalui kerjasama dengan wanadri.

Untuk memulihkan kondisi pantai pondok bali yang terkikis oleh abrasi dan banjir rob, belasan pegawai pln pusat pemeliharaan ketenagalistrikan atau pusharlis jabar banten, menyambangi pondok bali subang, rabu pagi. Dengan menggunakan perahu, bersama perhutani dan wanadri, mereka pun menuju petak tiga-tiga pondok bali. Puluhan bibit pohon mangrove baik yang sudah berdaun maupun yang masih dalam bentuk batang, pun mereka bawa dalam setidaknya 5 perahu yang mereka tumpangi.

Tidak mudah untuk menanam bibit mangrove tersebut. Para pegawai pln yang umumnya merupakan anak muda ini harus berjalan melewati tanah berlumpur, hingga masuk ke dalam air di area petak tiga-tiga yang saat itu tengah surut.

Pihak general manager pln pusharlis, najahul imtihan berharap, penanaman bibit mangrove ini menjadi awal untuk diikuti oleh instansi dan lembaga lain, juga masyarakat umumnya, untuk menimbulkan kesadaran penuh bahwa lingkungan perlu diselamatkan bagi generasi mendatang.

Pihak pln pun berkomitmen, bibit mangrove yang ditanam harus tumbuh dengan sempurna. Oleh karena itu, menurut najahul, pln didukung wanadri untuk terus memantau pertumbuhan bibit tersebut.

Kegiatan ini merupakan agenda rutin pln persero, khususnya pusharlis, yang menginginkan lingkungan tetap lestari. Sebelumnya, pihak pln pusharlis telah menanam dua ribu pohon di kareumbi dan karang di daerah banten.

Budi hartati, bandung tv.