Proyek Tol Cigatas Masuk Tahap Penentuan Lokasi

108

BISNIS BANDUNG- Proyek Jalan Tol Cigatas merupakan upaya pemecah kemacetan di Jalur Selatan Jawa Barat, khususnya  saat musim mudik lebaran dan liburan panjang.

Menurut Ketua fraksi Partai Golkar DPRD Jabar yang juga anggota Komisi IV, Yod Mintaraga rencana pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) yang selanjutnya Ciamis dan Banjar oleh pemerintah pusat sangat tepat. 

“Kami mendorong pemerintah melakukan percepatan untuk pembangunan jalan tol tersebut. Pembangunannya sangat penting untuk masyarakat,” kata politisi Golkar dari daerah  pemilihan Garut- Tasikmalaya dalam percakapan dengan pers, baru-baru ini.

Ia mengutip apa yang disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bahwa  rencana pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya-Ciamis-Banjar (Cigatas) saat ini memasuki tahap penentuan lokasi.

“Perkembangan pembangunan Jalan Tol Cigatas itu sedang penentuan lokasi dan akan ditenderkan pada tahun 2019. Penentuan lokasinya nanti kami ajukan kepada Pak Gubernur,” ujarnya.

 Menurut dia, pendanaan pembangunan jalan tol di Pulau Jawa, termasuk Bandung-Banjar ini berupa investasi karena kondisi ekonomi di Pulau Jawa sudah berkembang pesat.

Berdasarkan informasi dari Pemprov  Jabar  proses uji kelaikan atau feasibility study (FS) Jalan Tol Cileunyi Garut Tasikmalaya Ciamis Banjar atau Jalan Tol Cigatas (Cigatas) telah selesai dibahas.

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan Cigatas akan memperlancar distribusi logistik dari kawasan Priangan Timur menuju ke Bandung atau DKI Jakarta. Jika ada jalan tol, jalur distribusi akan jauh lebih cepat dan menekan angka inflasi,tuturnya.

“Bukan hanya saat lebaran, saat libur panjang juga sekarang mah suka macet panjang di kawasan tersebut,” katanya.

Pembangunan Jalan Tol Cigatas  yang akan dilelang pada awal 2019 diperkirakan mencapai Rp 5 triliun hingga Rp.8 triliun. Dan rencananya kemungkinan dilanjutkan sampai ke Cilacap, Jawa Tengah.(B-002)***