Curug Cileutak

59

            Tempat terakhir yang kami kunjungi di wilayah Tasikmalaya ialah Curug Cileutak, Curug Cileutak berada pada perbatasan antara Desa Sindangasih, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya dengan Kampung Leuwi Leutak/Cikarees, Desa Harumandala, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Aliran Curug Cileutak berasal dari aliran Sungai Cileutak, namun ada juga yang menyebutkan Sungai Ciharuman. Aliran sungai ini sendiri merupakan pembatas geografis antara Kabupaten Tasikmalaya dengan Kabupaten Pangandaran. Meskipun berada di perbatasan antara dua kabupaten, namun hingga saat ini, akses masuk menuju Curug Cileutak berada di wilayah Kabupaten Pangandaran. Akses masuk menuju Curug Cileutak saat ini berada di Kampung Leuwi Leutak, Kabupaten Pangandaran, sehingga masih banyak yang salah memposisikan Curug Cileutak sebagai bagian penuh milik Kabupaten Pangandaran.

            Curug ini menjadi destinasi wisata alam baru di wilayah Kabupaten Tasikmalaya. Namun, lokasinya yang jauh dari pusat kota dan sulit dijangkau membuat air terjun ini belum dikenal masyarakat. Padahal air terjun yang berada di tengah hutan itu cukup indah dengan suasana alam sejuk dan air yang segar.Curug Cileutak termasuk air terjun yang memiliki dinding lebar. Lebar Curug Cileutak kurang lebih 20 m dengan ketinggian sekitar 10 – 15 m.Dinding air terjun yang cukup lebar, menjadikan Curug Cileutak dapat termasuk ke dalam klasifikasi Block Waterfall yaitu air terjun dengan karaktersitik aliran sungai dan dinding air terjun yang cukup lebar. Selain itu, Curug Cileutak juga dapat diklasifikasikan ke dalam tipe Horsetail. Aliran jatuhannya tetap mempertahankan kontak dengan dinding air terjun secara terus menerus. Kondisi airnya sangat jernih namun jika musim hujan/ hujan turun warnanya sedikit akan coklat. Terdapat leuwi/ kolam dibawah air terjun ini yang tidak terlalu dalam jadi sangat aman jika dipakai untuk

Di kawasan curug Cileutak ini, terdapat saung Hidro yang dimanfaatkan oleh warga sekitar sebagai pembangkit listrik. Listrik yang dihasilkan dari pembangkit ini sekitar 4000 watt ini, digunakan untuk menerangi puluhan rumah yang ada di sekitar Curug.Fasilitas penunjang wisata sudah terdapat di kawasan ini,meskipun cukup sederhana,namun mampu melayani para pelancong. Saran dan tips sebelum menuju ke tempat Obyek Wisata Curug Cileutak di Sindangkasih Tasikmalaya Jawa Barat,anda perlu mempersiapkan keperluan yang akan butuhkan. Serta beberapa barang tambahan seperti  kamera karena anda pasti ingin mengabadikan moment bersama kelurga ataupun teman – teman anda.

Aktivitas yang bisa dilakukan pelancong ditempat ini selain berenang dan bermain air ialah mengabadikan keindahan lanskap Curug dengan lensa kamera.Selain itu bagi para penikmat swafoto banyak spot spot bagus yang instagramable di sini,kita tinggal pintar pintar saja mengambil sudut pengambilan gambar sehingga hasil gambar nya cukup bagus.Aktivitas lainnya ialah bisa menikmati berbagai olahan kuliner masyarakat setempat,atau bisa juga membawa bekal makanan untuk disantap disana.Kita tinggal mencari spot yang cukup bagus untuk menggelar tikar dan menyantap hidangan yang kita bawa.