Desa Digital Bisa Dorong Potensi

61

BISNIS BANDUNG- Era revolusi industri 4.0 telah menyeruak sampai ke desa. Oleh karenanya, seluruh seluruh warga baik di kota maupun di desa harus menyambutnya agar bisa mengimbangi, sehingga tidak tergerus oleh jaman.

“Saya  menyambut positif gagasan dan inovasi yang diluncurkan Gubernur Jabar Ridwan Kamil tentang aplikasi program  Desa Digital,” kata Anggota Komisi II DPRD Jabar H. Drajat Hidayat Soetardja, saat dihubungi via telepon selularnya, Senin (10/12).

Wakil Rakyat dari daerah pemilihan Kabupaten  Bogor berharap aplikasi program desa digital tersebut nantinya bisa mengembangkan potensi desa.

Drajat mengatakan hal tersebut karena sebagai wakil rakyat dia mengetahui semua desa di Indonesia punya potensi dan keunikannya masing-masing, tidak ada yang seragam.

Potensi dan keunikan desa-desa di Indonesia tersebut, menurut Drajat tidak hanya ada di satu sektor kehidupan masyarakatnya, tetapi ada di setiap sektornya. Baik itu sektor pertanian, perkebunan, maupun sektor-sektor lainnya.

“Jadi dengan memanfaatkan jaringan digital, semua potensi tersebut bisa di eksplore secara maksimal,” katanya.

Agar semua itu bisa terwujud, yang akan bermuara pada terciptanya kesejahteraan semua warga, mau tidak mau sumber daya manusia masyarakat desa harus ditingkatkan.

“Masyarakat mau tidak mau harus mengikuti pelatihan digital agar melek  dan memanfaatkan jaringan digital / digital commerce dalam mempromosikan dan memperdagangkan hasil dan potensi desanya secara online,” tekannya.

Komisi II yang membidangi perekonomian yang meliputi perdagangan dan perindustrian, pertanian tanaman pangan, peternakan, perikanan, perkebunan, kehutanan, koperasi dan pariwisata tentunya mendukung dan mengapresiasi sekali inovasi yang diluncurkan oleh Pemprov Jabar.

“Bahkan, saya berharap, program Desa Digital ini dapat segera terwujud di seluruh desa se-Jabar,” pungkasnya. (B-002)***