H.Dony : Memberi Kepada Sesama Hajat Lembur Babakan Hurip

21

BISNIS BANDUNG – Ungkapan rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT, diimplementasikan dalam bentuk tasyakur binikmat. Berbagai sajian makanan, hasil bumi, hasil tangkapan ikan, peralatan sederhana, mainan, sampai sejumlah uang tunai digantungkan dalam satu wadah.
Itu tersirat dalam momen Hajat Lembur  di Babakan Hurip, Kelurahan Kota Kaler, Kecamatan Sumedang Utara, Kamis malam (06/12/2018). Meski area tempat acara dilakukan di sepanjang gang selebar 3,5 meter berada di lingkungan  yang banyak terdapat rumah petak yang berada di tengah kebun warga dan rumah-rumah sederhana milik warga.
Jauh sebelum acara dimulai , warga  sudah berkumpul menunggu kehadiran Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir yang akan datang. Bahkan warga Babakan Hurip ini sudah menyiapkan kejutan spesial untuk orang nomor satu di Sumedang.
Di  jalan berupa gang menuju ke tempat acara terpasang berbagai ornamen gantungan yang pasang  rapih. Bahkan ada amplop berisi uang tunai yang digantung dan dibalut  plastik, ditambah nuansa etnik Sunda dan obor serta kehaditran aparat , mulai Ketua RT/RW, Lurah, Camat sampai Bupati yang berkenan hadir ditengah padatnya jadwal kegiatan dinasnya.
Acara tasyakuran  diawali dengan sambutan Ketua RT yang mengutarakan, bahwa perayaan hajat lembur merupakan inisiatif warga setiap tahun sebagai ungkapan rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa.
“Alhamdulilah , kita mengucap syukur atas hasil tani yang diperolah warga dari berkebun dan dan berdagang. Hari ini hasil bumi , kita berikan secara cuma-cuma kepada semua yang hadir disini,” ujarnya dalam bahasa Sunda yang halus.
Lurah Kota Kaler, Wuddan Lukmanul Hakim mengatakan, selama empat tahun bertugas sebagai lurah, perayaan seperti ini selalu mengundang antusias warga yang  luar biasa.
“Tentu kegiatan ini merupakan cerminan ucapan rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan Allah. Warga disini terkenal kreatif terutama para pemudanya. Bahkan tadi Pa Bupati bilang tahun depan mau nyumbang satu ekor domba untuk perayaan tasyakur binikmat ,” ucap Wuddan.
Sedangkan Camat Sumedang Utara, Dikdik Syeh Rizki menyebut, tasyakur binikmat L yang digelar warga Babakan Hurip selaras dengan salah satu visi misi Sumedang Simpati terutama Sumedang Agamis. Menurut Dikdik, program agamis , di antaranya , shalat subuh berjamaah dan magrib mengaji.
“Alhamdulilah saya selalu memonitor di grup WhatsApp Kota Kaler, terutama di Babakan Hurip yang warganya terkenal agamis. Ini merupakan momentum yang sakral disamping selaras dengan Sumedang Agamis,” kata Dikdik.
Sementara itu Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir mengemukakan pentingnya media hajat lembur sebagai ajang mempererat silaturahmi antar warga.  Dony juga mengingatkan agar warga Babakan Hurip bisa mengimbangi antara beribadah dengan gaya hidup sosialita, terutama pengaruh media sosial.
“Bapa- ibu kita tidak boleh lupa dengan yang memberikan rezeki  kepada sesama terutama bagi yang membutuhkannya. Terkadang kita lupa sampai hari ini masih bisa diberi kesempatan untuk melihat, mendengar, berjalan dan lainnya. Kita bersyukur kepada Allah, dengan membaca Qur’an, berzikir, shadaqah. Semoga kita bisa menjadi pribadi yang  bersyukur,” tandas Dony.
Usai membacakan tausiyah, dzikir, yasinan dan doa penutup, momen yang ditunggu-tunggu sebagai acara penutup akhirnya tiba. Wraga berebut untuk meraih makanan dan barang yang digantungkansekitar area tempat acara. Bahkan Ibu-ibu banyak yang  kantong plastik besar untuk mengumpulkan barang atau makanan yang berhasil diraihnya dari  aaarena rebutan massal tersebut.
Tidak lebih dari lima menit , semua gantungan ludes , hanya menyisakan tali rapia bekas pengikat barang dan minuman yang digantung. Keculai hasil bumi, seperti singkong dan tanda pisang ukuran besaryang sulit dicabut  warga.
Uni (46 th), salah seorang Babakan Hurip  mengaku, bahwa dirinya berhasil mengantongi satu kantong plastik yang isinya buah-buahan, bahan masakan, bumbu masak, gelas plastik, makanan ringan dan lainnya.
“Rame lah hajat kayak gini mah, saya sampai minta bantuan bapa wartawan buat nyabut makanan  yang tergantung tinggi  yang akansaya bawa kerumah, mudah-mudahan barokah lah,” tutur Uni.
Warga lainya Septian Nugraha (31) mengatakan , sebagai panitia pelaksana, selama dua hari , dirinya disibukan bagi pengadaan berbagai properti agar hajat lembur  bisa sukses.in.
“Alhamdulilah,  warga senang dengan acara seperti ini yang diselenggarakan setahun sekali. Tadi juga ada tumpeng dan surprise buat Pa Bupati, berupa spanduk foto Pa Bupati di panggung. Alhamdulilah Pa Bupati sangat senang , rencananya mau hadir sebentar , jadi lama. Tadi saya lihat Pa Bupati sangat komunikatif dengan warganya,” ujar Nugraha.

 (E-010) ***