Mengunjungi Sungai Citoe Pancatengah

86

 Potensi wisata alam di Tasikmalaya sangat beragam,dan dikenal memiliki panorama alami,banyak diantara potensi wisata alam ini telah digarap dengan cukup baik,namun banyak juga diantaranya yang belum mendapat pengelolaan cukup baik.

Salah satu potensi wisata alam yang kami kunjungi kali ini ialah sungai Citoe,menurut masyarakat sekitar,Citoe merupakan Citumangnya Tasikmalaya. Citoe) ini berada di kampung Sukajaya desa Pangliaran kecamatan Pancatengah yang memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan dari Tasikmalaya sampai lokasi. Dengan patokannya pom bensin Cikatomas yang berada di pertigaan jalur ke arah Tawang jika ke sebelah kiri dimana tempat beradanya Curug Dengdeng yang sudah Hits dan arah lurus menuju Cikalong dan Pancatengah. Dari pom bensin tersebut kita ambil jalan lurus menuju arah Cikalong sampai menemukan pertigaan daerah Ciwatin. Dari pertigaan daerah Ciwatin tersebut kita ambil kiri dengan jarak sekitar 13 km sampai lokasi.

 Sepanjang perjalanan menuju Citoe ini kita akan menemukan beberapa aliran selokan kecil yang airnya sangat jernih.Dari gapura kampung Sukajaya jarak menuju sungai Citoe kurang lebih 2 kilometer. Airnya sangat jernih kehijauan yang menurut warga aliran airnya ini merupakan penampungan dari beberapa sumber mata air sepanjang aliran citoe yang hulunya berasal dari daerah Ciwatin. Disini terdapat pula sebuah (leuwi) atau bagian sungai yang membentuk kolam yang dalam, di perkiran dalamnya sekitar 7 meter sangat memanjakan sekali buat para petualang yang suka berenang sambil terjun bebas ke leuwinya. Aliran air Citoe ini jatuh membentuk curug yang ketinggiannya sekitar 2 meter dan sangat mirip sekali dengan Citumang yang berada di Pangandaran.

            Sepanjang sungai Citoe ini terdapat banyak spot-spot indah yang sangat Instagramable, terus juga terdapat beberapa Leuwi atau kolam yang menggoda sekali untuk segera kita jamah dengan berenang, ada juga beberapa aliran membentuk curug pendek. Kedalaman beberapa tempat di sungai ini bervariasi ada yang lumayan dalam dan ada yang dalam sekali, jadi jika kita mau berenang disini di usahakan bawa pelampung supaya selama bermain air disini seru dan aman. Warganet mulai ikut mempromosikan sungai yang mengalir di Kampung Sukajaya, Desa Pangliaran ini karena keindahan dan keunikannya. Bukan hanya karena pemandangan alam sekitar yang masih asri, tapi juga karena lanskap yang juga menawan.Selama ini para pelancong yang datang mengetahui keberadaan sungai Citoe dari mulut kemulut serta postingan postingan di sosial media.

            Potensi wisata alam ini cukup besar untuk dikembangkan sebagai salah satu destinasi wisata alam di Tasikmalaya.Belum begitu bagusnya aksebilitas menuju lokasi merupakan pekerjaan rumah yang perlu dibenahi oleh instansi terkait.Sebagai mana diketahui mudahnya akses menuju lokasi wisata merupakan poin penting agar destinasi mendapat banyak kunjungan dari para pelancong,tentu saja selain akses mudah penataan objek wisata serta panorama alam yang asri merupakan poin poin lainnya yang menyebabkan pelancong mendatangi sebuah tempat wisata.