Pemartabatan Bahasa Negara di Kabupaten Tasikmalaya

35

Balai Bahasa Jawa Barat, Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tasikmalaya agar berupaya dalam memartabatan bahasa negara di ruang ruang publik,seperti penginapan,rumah makan,dan tempat wisata. Di Kab.Tasikmalaya kegiatan pemartabatan bahasa dilakukan dalam bentuk lomba serta sosialisasi pemartabatan bahasa negara.

 Usai kegiatan sosialisasi, baru kemudian digelar lomba pemartabatan bahasa negara se – Kabupaten Tasikmlaya yang mencakup ranah penginapan,rumah makan dan tempat wisata. Untuk kategori ranah penginapan dimenangkan  Losmen Pantai Indah, ranah rumah makan diraih rumah makan Kota Resik, dan tempat wisata dimenangkan obyek wisata Kampung Naga. Para pemenang  mendapat hadiah berupa tropi,prasasti serta uang tunai Rp 10 juta .

Kegiatan sosialisasi dan lomba pemartabatan bahasa negara merupakan upaya untuk menertibkan pengggunaan bahasa yang di ruang publik dengan pengutamaan penggunaan bahasa negara di ranah penginapan,rumah makan dan tempat wisata dengan harapan agar bahasa Indonesia bermartabat  dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri,bukan bahasa asing. Tujuan lainnya untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap bahasa Indonesia dan mendapatkan kawasan tertib berbahasa Indonesia. (E-001) ***