Taman Wisata Karang Resik

237

 Taman wisata karang resik merupakan taman kota yang dikelola langsung oleh Pemkot Tasikmalaya yang berada di Jalan Mochamad Hatta, Kota Tasikmalaya. Lokasi obyek wisata Karang Resik terletak di perbatasan antara Kota Tasikmalaya dengan Kabupaten Ciamis yang dilewati jalur penghubung antar-provinsi di Pulau Jawa, sehingga menjadikan taman wisata Karang Resik sebagai obyek wisata yang sangat strategis.

Setelah 10 tahun mati suri tak beroperasi, Taman Wisata Karang Resik kini ramai dikunjungi. Berada di Jalan Mohammad Toha, Tasikmalaya, Taman Wisata Karang Resik kembali dibuka untuk umum dengan wajah baru. Wajah lebih segar dan lebih menyenangkan.Dulunya, taman wisata ini hanyalah taman biasa, dengan tampilan tak begitu istimewa. Satu-satunya hal yang menarik, taman ini merupakan taman bersejarah yang jadi saksi bisu pengusiran penjajah yang dilakukan para prajurit Siliwangi. Pada agresi militer pertama Agustus 1947, Belanda ingin masuk ke Kota Tasikmalaya, dihadang oleh tentara RI dan rakyat Tasikmalaya.

  Resmi dibuka untuk umum pada 17 Oktober 2017 lalu, pengelola membutuhkan waktu sekitar dua tahun untuk menghidupkan kembali Taman Wisata Karang Resik.Untuk memasuki Taman Wisata Karang Resik, setiap pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 15 ribu. Harga tiket tersebut sudah termasuk fasilitas bebas foto foto baik di taman bunga, jembatan dan spot foto lainnya. Namun, jika ingin mencoba wahana permainan lain seperti sepeda gantung atau flying fox harus membayar biaya tambahan. Taman wisata itu buka dari jam 8 sampai jam 5 sore. Jarak tempuh dari pusat Kota Tasikmalaya menuju Karangresik kurang lebih 2 km. Lokasi obyek wisata Karang Resik yang berada di perbatasan Tasik-Ciamis sangat mudah sekali dijangkau oleh masyarakat luas, khususnya masyarakat Tasik-Ciamis. Taman kota yang memiliki luas 32 hektare ini mengusung konsep agrowisata, wisata alam, wisata atraksi, edukasi, budaya, dan lainnya.

 Untuk spot selfinya, pengunjung tak perlu khawatir karena semuanya gratis  dan tak perlu membayar lagi. Ada beragam spot selfie yang menjadi idoal para pengunjung seperti ikon-ikon kota di dunia, jembatan Cirahong, rumah pohon, rumah viking, sepeda gantung, dan spot lainya yang masih dibangun. Di Karang Resik juga terdapat sebuah amphitheater yang digunakan untuk pertunjukan pentas seni dan budaya yang memiliki kapasitas hingga 1.000 orang penonton. Saat ini area tersebut biasa diisi oleh band-band atau musik penghibur wisatawan yang datang. Untuk wisata dengan konsep agrowisata ada beberapa jenis sayuran dan tanaman pangan yang bisa digunakan sebagai sarana edukasi.

 Selain menyediakan wahana wisata rekreasi, terdapat juga tempat wisata belanja yang menjual produk khas Kota Tasikmalaya dan rumah makan. Dengan konsep lingkungan hijau, para pengunjung dilarang membuang sampah sembarangan di lokasi wisata. Sebanyak 15 kolam ikan yang diisi berbagai jenis ikan menghiasi taman kota Tasikmalaya itu.Ada pula bangunan pendopo dengan bahan 20.000 bambu sebagai ciri khas Sunda yang memperkaya nilai kebudayaan. Ke depannya akan dibangun pula resort atau vila untuk pengunjung outbond yang memerlukan penginapan.