Kereta Anjlok, Perlintasan Kereta Api Jalur Selatan Lumpuh

33

Jalur selatan perlintasan kereta api dari arah jakarta menuju bandung sebaliknya, lumpuh akhir pekan kemarin. Hal itu disebabkan dua rangkai gerbong kereta perawatan jalan rel atau kpjr, anjlok tepat di jembatan bojogkoneng, ngamprah, bandung barat. Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Namun, banyak rangkaian kereta api dari gambir menuju stasiun bandung tertahan di stasiun lain selama lebih dari lima jam, dan membuat penumpang terlantar.

Inilah dua rangkaian gerbong kereta apiĀ  perawatan jalan rel atau kpjr, yang anjlok tepat di tengah jembatan cibodas, desa bojongkoneng, kecamatan ngamrah, kabupaten bandung barat. Puluhan petugas pt kereta api indonesia daerah operasi dua bandung, berjibaku mengevakuasi kereta anjlok, dan memperbaiki rel.

Rangkaian kereta milik pt kai daop dua yang dikhususkan untuk merawat rel perlintasan, justru anjlok tepat di tengah-tengah jembatan. Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 9 pagi, dan hingga 14 waktu indonesia bagian barat. Para petugas masih berusaha mengevakuasi rangkaian kereta yang anjlok.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, dan belum diketahui penyebab pasti rangkaian kerata ini anlok. Namun, diduga karena kerusakan di bantalan rel. Akibat peristiwa ini, jalur perlitasan dari arah stasiun gambir menuju bandung di jalur selatan lumpuh.

hampir lebih dari lima jam, keberangkatan rangkaian kereta api penumpang tertunda. Bahkan penumpang terlantar. Ditunjukkan video kiriman penumpang di stasiun cilame, ratusan penumpang argo parahyangan tujuan bandung dari jakarta, terlantar hampir 4 jam dan memilih turun untuk menggunakan moda transportasi lain.

Setelah lima jam anjlok, rangkaian kpjr bisa ditarik. Namun para petugas masih memperbaiki rel. Hingga pukul 14, belum ada kereta api penumpang di jalur selatan terutama dari arah bandung menuju jakarta maupun sebaliknya, yang melintas.

Algi muhammad gifari, bandung tv.