Membersihkan Kotoran pada Mesin Mobil

77

Terkadang kita takut untuk membersihkan atau mencuci mesin mobil sendiri karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi jika kita mencoba untuk membasuh bagian mesin mobil.

Ada beberapa panduan beberapa titik-titik mana saja yang aman untuk di cuci.

Perhatikan Komponen Elektrikal.

Komponen yang harus diperhatikan seperti busi, alternator, dinamo starter, kabel busi, fuse box (tempat sekering), distributor/delco dan ECU (engine control unit) serta semua socket elektrikal lainnya diusahakan tutup dengan plastik yang diikat sebelum dibersihkan dengan air.

Cek Penutup Oli Mesin

Jangan lupa juga untuk menutup oli mesin beserta dipstick (tongkat pengecek oli). Pastikan sudah tertutup dengan baik. Ini penting sekali agar air tidak masuk ke bagian mesin dan bercampur dengan oli.

Proses Pembersihan.

Pertama-tama siram dengan air yang tidak bertekanan tinggi untuk membasahi mesin. Gunakan sabun khusus agar tidak merusak bagian mesin. Pakai tongkat yang diikatkan dengan kain untuk menjangkau bagian yang sulit dijangkau oleh tangan. Jika ragu pakai air, bisa gunakan cairan khusus yang disemprotkan dengan sprayer, tanyalah kepada bengkel atau toko mobil langganan tentang produk yang digunakan.

Keringkan segera dengan menggunakan kain serat (plas chamois), serta semprotkan soket-soket kelistrikan dengan udara bertekanan tinggi untuk menghindari korsleting.

Bengkel RB24 Autogarage memproduksi cairan pembersih mesin. Menurut  Okky  ahli autodetailing perawatan berkendara dan modifikasi kendaraan, membersihakan mesin mobil sangat mudah, cukup menyemprotkan cairan pembersih dengan menggunakan kompresor angin pada bagian mesin yang kotor tanpa harus disikat. Kotoran akan rontok sendiri, setelah didiamkan selama 10 menit , semprot kembali menggunakan air sabun serta dibilas menggunakan air biasa dan dilap sambil dikeringkan. Mesin mobil akan kinclong kembali . (E-002)***