Penyebab Timbulnya Getaran Saat Mobil Direm

57

Saat Mobil Direm

Rem dan getaran sebenarnya dua-duanya sangat berhubungan, sistem rem yang menggunakan prinsip gesekan  akan menimbulkan getaran. Komponen rem mobil  sudah dibuat sedemikian rupa, sehingga getaran yang dihasilkan tidak sampai terasa pada dashboard.

Untuk masalah mobil yang bergetar ketika rem diinjak, ada 3 penyebab yang mungkin terjadi yakni :

  1. Pin kaliper rem kering

Rem depan mobil umumnya sudah menggunakan rem cakram, kalau anda lepas ban mobil bagian depan anda akan melihat piringan dengan kaliper yang menjepit piringan saat rem diaplikasikan.

Kaliper ini memiliki dua buah baut yang terletak dibagian atas dan bawah. Baut ini akan menghubungkan kaliper dengan pin kaliper, pin kaliper ini harusnya bisa digeser-geser , sehingga ada pelumas berupa grease pada permukaan pin kaliper.

Kalau kondisi pin kering atau tanpa pelumas, maka getaran atau bunyi saat rem diinjak akan terjadi.

Solusinya cukup mudah, anda lepas kaliper rem dan beri grease pada kedua pin kaliper secukupnya.

  1. Baut kaliper lepas

Ada dua buah baut kaliper yang menahan kaliper ke braketnya. Kalau salah satu baut lepas, tentu itu akan sangat berbahaya.

Tapi meski baut kaliper lepas, kaliper tidak akan terlapas dari braketnya karena kaliper akan tertahan bagian dalam velg. Sehingga yang terjadi hanya bunyi dan getaran, bunyi dan getaran ini tidak hanya terjadi saat rem diinjak tapi saat mobil akselerasi juga bisa terasa.

Meski demikian yang paling dominan terasa itu saat rem diinjak maka ada getaran.

Apa mungkin baut kaliper bisa lepas ?

Tentu bisa, ini terjadi umumnya karena faktor keteledoran. Misal saat rem dibersihkan , kita perlu melepas kampas rem atau saat pemasangan kita lupa mengencangkan baut kaliper , hingga saat mobil jalan baut  terlepas.

  1. Permukaan piringan yang tidak rata

Dan yang paling sering terjadi untuk kasus mobil bergetar saat di rem itu ada di bagian piringannya yang sudah tidak rata.

 

Saat rem diinjak, kedua kampas rem akan menjepit piringan. Kalau piringan masih halus dan masih center, maka rem akan baik-baik saja dan terasa halus pula. Tapi kalau permukaan piringan sudah tidak rata, apalagi ada goresan , efeknya akan timbul getaran pada saat kita menginjak rem.

Solusinya adalah bisa membubut piringan rem apabila permukan yang bergelombang ini tidak terlalu parah. Yang kedua anda perlu mengganti piringan rem dengan yang baru, cara ini lebih direkomendasikan karena lebih aman dan lebih ampuh mengatasi gejala diatas.

  1. Penggunaan kampas rem yang tidak orisinil

Terkadang ada pemilik mobil yang mengganti kampas rem mobilnya dengan merk aftersales yang bukan ori dengan alasan lebih murah atau lebih pakem. Tapi yang perlu diketahui adalah tidak semua bahan kampas rem cocok untuk piringan mobil anda.

Kampas rem itu terbuat dari beberapa jenis bahan, ada yang menggunakan serat organik, keramik, hingga serbuk logam. Kalau kampas rem yang anda gunakan tidak pas dengan piringan rem mobil anda,  rem bisa bunyi saat diinjak hingga timbul getaran.

Solusinya, gunakan spare part original dari mobil anda. karena itu sudah didesain khusus untuk mobil anda sehingga lebih aman dan lebih nyaman.

Jadi kesimpulannya, mobil yang bergetar ketika di rem itu karenamemiliki masalah di sektor pengereman. Dan masalah ini wajib diatasi, karena sistem rem  merupakan perangkat vital pada kendaraan.

(E-002/BBS)***