Puting Beliung Masih Ancam JABAR

59

Potensi angin puting beliung masih mengancam wilayah jawa barat, termasuk kota bandung dan sekitarnya. Angin yang disebabkan oleh pertemuan angin di satu tempat tersebut, kerap terjadi saat musim pancaroba dan hujan. Oleh karena itu, bmkg mengimbau, agar masyarakat lebih waspada dan menghindari tempat rawan saat hujan turun.

Angin puting beliung yang melanda daerah bogor beberapa waktu laku, bisa saja terjadi di wilayah jawa barat lainnya, termasuk kota bandung dan sekitarnya. Hal tersebut disampaikan bmkg bandung, yang memperkirakan potensi angin puting beliung di jawa barat masih tinggi, terutama di musim pancaroba dan hujan.

Bmkg mengimbau, agar masyarakat waspada terhadap bencana angin puting beliung, yang disebabkan suhu cumulonimbus, dan pertemuan angin di satu titik.

Ciri-ciri akan terjadinya angin puting beliung, diantaranya suhu udara di malam hari terasa panas, dan siang hari udara terlihat hitam atau pekat. Jika melihat gejala seperti itu, bmkg mengimbau, agar masyarakat waspada dan menghindari tempat-tempat rawan, diantaranya di bawah pohon besar.

Angin puting beliung biasa terjadi di musim pancaroba dan hujan.

Yuwana kurniawan, bandung tv.