Gubernur Bentuk Tim JABAR Saber Hoaks

31

Sebagai instrumen untuk membentengi kondusifitas masa depan jawa barat yang juara lahir batin, gubernu jabar, ridwan kamil membentuk tim jabar sapu bersih atau saber hoaks. Tim yang sembilan puluh persennya merupakan anak milenial tersebut, bertugas memverifikasi permohonan masyarakat, dan merilis secara rutin berita-berita di jabar yang diasumsikan hoaks.

Banyaknya berita hoaks yang beredar di kalangan masyarakat pengguna gadget di jabar, menimbulkan keresahan tersendiri. Apalagi, sebagian berita tersebut beredar melalui aplikasi pesan singkat seperti whatsapp grup, yang sulit untuk dideteksi oleh pihak berwenang. Melihat fenomena tersebut, gubernur jawa barat ridwan kamil menggagas pembentukan tim jabar sapu bersih atau saber hoaks.

Menurut gubernur yang akrab disapa kang emil ini, jabar saber hoaks menjadi instrumen untuk membentengi kondusifitas masa depan jabar yang juara lahir batin. Tim tersebut menjadi upaya untuk mencegah kebohongan beredar di jabar. Anggota tim jabar saber hoaks pun 90 persen merupakan anak muda atau milenial, yang bertugas memverifikasi permohonan masyarakat, dan merilis secara rutin berita-berita di jabar yang diasumsikan hoaks. Tim tersebut pun akan dibubarkan, saat diyakini warga jabar sudah tangguh, naik kelas jadi masyarakat yang melek literasi dan antihoaks.

Sementara itu, kepala dinas komunikasi dan informatika jabar, hening widiatmoko mengatakan, masalah hoaks dicegah tidak hanya oleh pemerintah, tapi juga semua stakeholder. Salah satunya tim jabar saber hoaks yang membantu mengingatkan publik untuk mencegah penyebaran hoaks.

Tim jabar saber hoaks terdiri dari media, komunitas anti hoaks, penggiat media sosial, dengan dibantu software hoaks analyzer yang merupakan karya anak bangsa.

Budi hartati, bandung tv.