PEMKAB Bandung Ingin 5% Saham Perusahaan Geothermal

37

Pemerintah kabupaten melalui bupati bandung, dadang m naser, menginginkan saham di perusahaan panas bumi yang beroperasi di kabupaten bandung. Ada lima perusahaan badan usaha milik nasional yang beroperasi di kabupaten bandung, yang bergerak di bidang panas bumi.

Terdapat lima perusahaan berskala nasional yang bergerak di bidang eksplorasi panas bumi di kabupaten bandung. Kelima perusahaan panas bumi tersrbut tersebar di tiga kecamatan, diantaranya kamojang, pangalengan, dan ciwidey rancabali.

Dari kapasitas produksi maksimal 300 megawatt, saat ini baru tergali setidaknya 70 megawatt, sehingga memungkinkan perusahaan lainnya bisa menanamkan modalnya, berinvestasi di sektor panas bumi.

Menurut bupati bandung, dadang m naser, dari lima perusahaan nasional yang bergerak di bidang panas bumi yang tersebar di kabupaten bandung, setiap tahun pemerintah kabupaten bandung mendapatkan dana bagi hasil atau dbh. Meski begitu, bupati bandung menginginkan memiliki saham sendiri sebesar lima persen.

Jika sudah memiliki saham dari lima perusahaan tersebut, selain dana bagi hasil, pemkab bandung juga akan mendapatkan keuntungan, sehingga pembangunan di kabupaten bandung akan lebih pesat.

Rezytia prasaja, bandung tv.