Polisi Gerebek Pabrik Mie Berformalin

28

Polres cianjur menggerebek pabrik pembuat mie berformalin dan bercampur borax, selasa sore. Dari hasil penggerebekan, polisi mengamankan tiga ton mie basah berformalin dan borax siap jual, serta mesin pembuat mie.

Beginilah susasana penggerebekan di pabrik rumahan pembuat mie basah yang mengandung formalin dan borax, di kampung pamoyanan, keluarahan pamoyanan, kecamatan cianjur kota, selasa sore. Wakapolres cianjur dan satuan reserse narkoba polres cianjur, langsung menutup pabrik. Saat penggerebekan, sejumlah pekerja pabrik panik kedatangan petugas. Beberapa pekerja langsung menghentikan pekerjaan mereka. Dari hasil penggerebekan, petugas menemukan lima liter formalin dan satu karung borax yang sudah dipakai.

Selain itu, petugas juga menemukan sisa lima kilogram mie basah yang belum sempat dijual, tapi sudah bercampur formalin dan borax.

Dari hasil pemeriksaan sementara, pemilik pabrik sengaja memakai formalin dan borax, untuk mengawetkan mie agar tahan lama. Dalam sehari, pabrik ini bisa membuat tiga ton mie berformalin, yang dipesan para pedagang di pasar tradisional, di kabupaten cianjur dan luar cianjur.

Menurut wakapolres  cianjur, kompol yana nur handiana, penggerebekan ini merupakan pengembangan laporan dari masyarakat, yang mengeluh banyak mie berformalin beredar di pasar-pasar tradisional cianjur. Pihaknya menyelidiki, dan tiga ton mie berformalin siap jual ditemukan.

Petugas langsung mengamankan sejumlah mesin pembuat mie dan puluhan karung mie basah siap jual, untuk dijadikan barang bukti. Usai penggerebekan, petugas juga mengamankan pemilik usaha dan seorang pekerja pabrik untuk dimintai keterangan. Petugas juga mengamankan alat pembuat mie, formalin, borax, serta mie basah siap jual.

Kedua pelaku akan dikenakan undang-undang perlindungan konsumen, dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.,

Heri setiawan, bandung tv.