Wisata Edukasi Kebun Bambu

111

Berkunjung ke tempat-tempat wisata yang ramai dan kekinian, mungkin sudah sering dilakukan. Tapi, bagaimana jika berwisata ke kebun bambu yang jauh dari keramaian. Untuk melihat berbagai jenis bambu sekaligus wisata edukasi, para relawan citarum akademi mengenalkan megahnya kebun bambu arcamanik, di kawasan pasir impun, bandung.

Untuk mencapai lokasi yang berada di pinggiran kota bandung, kita harus melewati ruas jalan yang sempit, licin, dan berbatu. Setelah menempuh perjalanan yang cukup melelahkan, akhirnya sampai juga di lokasi. Hamparan kebun bambu arcamanik yang sangat luas pun, sangat  menakjubkan dan indah dipandang mata.

Di lokasi dengan luas 16 koma 27 hektar ini, ada setidaknya 28 jenis bambu yang terjaga dengan baik. Ukuran bambunya sangat besar, berbeda dengan pada umumnya. Jenis-jenis bambu yang tersedia disini, diantaranya moso, nigra, cendani, sinobambusa tootsik, dan lain-lain. Kebun bambu di kawasan ini, dijadikan tempat penelitian, sekaligus wisata untuk lebih mengenal berbagai jenis bambu.

Seorang relawan citarum academy mengatakan, tujuan berkunjung ke kebun bambu ini, selain untuk belajar mengenai bambu, sekaligus ingin melakukan hal terbaik bagi lingkungan dengan turut menanam bambu.

Sementara itu, menurut ketua citarum academy, kegiatan ini sebagai upaya menunjukan kepedulian terhadap lingkungan dengan cara merawat dan menjaga bambu, mulai dari hulu sampai hilir.

Kegiatan ini diharapkan bukan sekadar berkunjung, tapi juga memberikan pemahaman dan menumbuhkan kepedulian besar terhadap lingkungan, yang menjadi warisan tak ternilai harganya bagi kehidupan manusia.

Yuwana kurniawan, bandung tv.