20 Persen Masyarakat Perantau dari Kabupaten Kuningan adalah Entrepreneur

41

Banyak penduduk Kuningan mengadu nasib ke kota-kota seperti Bandung, Jakarta, dan Yogyakarta untuk meningkatkan taraf hidupnya. Masyarakat Kabupaten Kuningan,  yang merantau ke kota-kota besar sangat lekat dengan profesi bervariatif tapi kebanyakan 20 persennya mereka menjadi seorang entrpreuner atau wirausaha khususnya  di bidang usaha kecil menengah atau UKM.

Sebagai sarana dalam menjalin silaturahmi antara mereka warga kuningan, mereka memiliki sebuah wadah perkumpulan warga uningan yang bernama Komunitas Wargi Kuningan (KWK). Beberapa waktu lalu para warga kuningan ini berkumpul di salah satu base came-nya yang ada di kawasan Arcamanik Endah No .20 Bandung,menurut salah satu pengurus di komunitas warga kuningan korwil Bandung, dedi menyampaikan, perkumpulan warga kuningan yang ada di korwil bandung ini memang sering tiap minggunya melakukan pertemuan untuk bersilaturahmi sesama anggotanya. Dedi juga menyampaikan kegiatan selain silaturahmi juga ada kegiatan baksos dan arisan bulanan serta share kemajuan bisnis yang mereka jalani.

Pada kesempatan ini, ketika warga kuningan di KWK korwil bandung sedang berkumpul, tokoh masyarakat kuningan H.Aang Hamid Suganda,S.Sos yang berkesempatan hadir di tengah-tengah mereka dan berbagi penglaman serta dukungan kepada para prantau dari kuningan ini untuk tetap semangat dan menjaga kekompakan serta tali silaturahmi antar anggotanya. Aang Hamid Suganda juga mengungkapkan rasa bangganya atas peranan para perantau dalam membantu membangun dan memajukan perekonomian khususnya di bidang ukm di tempatnya merantau.

Warga kuningan yang dirangkul dalam komunitas warga kuningan di wilayah korwil bandung, saat ini anggotanya kurang lebih ratusan orang, mereka dengan berbagai macam usaha berbaur ketika mengadakan pertemuan silaturahmi ini. para perantau dari kuningan ini ada yang memiliki usaha di bidang fashion,kuliner dan yang lainnya, menyampaikan besar sekali manfaatnya ketika bergabung dalam KWK korwil bandung ini.