Pemartabatan Bahasa Negara Se-Kota Cimahi

56

 Sosialisasi pemartabatan bahasa negara di Kota Cimahi diikuti oleh pengusaha rumah makan, pusat perbelanjaan dan pengelola rumah sakit dengan materi masih fokus pada masalah pemakaian bahasa Indonesia di ruang publik.

 Dalam sosialisasi tersebut , Balai Bahasa menegaskan harapannya agar pelaku usaha tidak menggunakan bahasa asing , tapi mengutamakan pemakaian bahasa Indonesia di ruang publik sesuai dengan UU kebahasaan RI nomor 24 tahun 2009. Berdasarkan pantauan tim Balai Bahasa Jawa Barat  setelah melakukan sosialisasi, perubahan penggunaan bahasa negara terjadi.  Dalam kegiatan sosialisasi yang sekaligus lomba penggunaan bahasa negara di ruang publik , juara 1 sampai 3 mendapatkan piala,prasasti dan uang pembinaan total Rp 10 juta yang diserahkan bertepatan dengan acara Cimahi military Tourism , Sabtu (14/12/18) oleh Walikota Cimahi didamping Kepala Balai Bahasa Jawa Barat.

.Dengan semakin banyaknya pelaku usaha/industri menggunakan bahasa negara di dalam kegiatan usahanya, diharapkan penggunaan bahasa negara sebagai bagian dari identitas bangsa akan  lestari.

Upaya memartabatkan bahasa negara akan berhasil jika kita semua anak bangsa  dari berbagai pemangku kepentingan, berusaha mewujudkannya. Mudah mudahan bahasa Indonesia yang lahir jauh sebelum republik Indonesia ini ada, menjadi perekat bangsa dan bermartabat di mata penuturnya. (E-001) ***