Di Pantai Karang Tirta Sering Tampil Ronggeng dan Wayang Golek

109

Di Pangandaran , juga terdapat objek wisata pantai Karang Tirta . Lokasi wisata pantai ini terletak di sebelah selatan Pantai Pangandaran berjarak kira-kira delapan kilometer yang berada di sebelah kiri jalan raya dari Pangandaran ke Cijulang, tepatnya  di Desa Sukaresik Kec. Sidamulih Pangandaran ke arah Pantai Batu Hiu belok ke kiri. Ada yang berbeda dari obyek wisata Karang Tirta dibanding obyek wisata lain yang ada di wilayah selatan Pangandaran. Di sini pelancong selain bisa menikmati suasana keindahan alam sambil rekreasi berupa bersampan, memancing serta berkemah.

Alam pantai Karang Tirta memang tidak menjanjikan plesiran yang menguras adrenalin.  Anda akan lebih banyak menikmati keindahan alam sambil jalan-jalan santai. Untuk memasuki kawasan ini, Anda hanya  membayar tiket  Rp 3.000/orang. Parkir motor  Rp 6.000/motor, sedangkan untuk mobil pribadi ukuran sedang Rp 30.000.  Untuk bus pariwisata, dikenai tiket Rp 60.000.

Di pantai ini kita tidak sebatas menikmati keindahan pantai, tetapi  ada hutan kecil di sepanjang pantai yang biasa disebut Leuweung Nusa. Di hutan tersebut terdapat berbagai tanaman yang tumbuh subur. Pantai ini sangat cocok dijadikan area out bond karena dikelilingi oleh sungai, delta, sawah, muara dan hutan .Pantai Karang Tirta  memiliki banyak fasilitas yang dapat dinikmati pengunjung , seperti  perahu, berenang di pinggir pantai, mencari ikan dengan memancing atau jala, berkemah di sepanjang pantai, wisata argo membuat gula kelapa, membuat opak Cipari, mempelajari tarian ronggeng dan wisata budaya wayang golek.Selain itu ada cara lain yang bisa dinikmati di area pantai ini karena aliran airnya yang tenang , hingga banyak beroperasi persewaan perahu. Kita bisa menikmati pesona keindahan laut dengan berlayar menggunakan perahu yang disewa dari nelayan.

Apalagi jika tiba saatnya matahari terbit dan terbenam,  berlayar akan semakin mengasyikan dengan semilir angin dalam suasana syahdu. Berkemah di pantai Karang Tirta merupakan hal yang sayang kita tidak mencobanya.  Berkemah di pinggiran pantai sambil menikmati suasana malam dengan penghangat dari api unggun sambil menikmati ikan bakar . Di area pantai tersedia tempat untuk menjala atau memancing ikan yang bisa digunakan pengunjung,  ikan hasil  tangkapannya bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh . Selain ikan, Anda juga bisa menangkap kerang, umang, kepiting rajungan dan jenis hewan laut lainnya. (E-001) ***