Kampung Budaya Upaya Pelestarian Seni dan Adat

71

Karawang dalam Bahasa Sunda artinya ”penuh dengan lubang” merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat. Daerah ini sarat dengan perjalanan budaya serta perjuangan dalam merebut kemerdekaan dari cengkraman kolonialisme. Di Karawang terdapat banyak peninggalan budaya serta peninggalan jaman kolonialisme. Selain berbagai peninggalan tersebut pemerintah setempat membangun beberapa tempat yang dijadikan pusat kebudayaan , di antaranya Kampung Budaya yang didirikan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Karawang di Desa Wadas, Kecamatan Teluk Jambe Barat. Lokasi Kampung Budaya berjarak sekira dua kilometer dari Gerbang tol Karawang Barat , dari  pusat Kota Karawang kurang lebih berjarak 5 kilometer . Tempat wisata unik ini dibangun pada tahun 2015 sebagai salah satu upaya pelestarian kebudayaan dan seni di Karawang .

            Dalam perjalanan menuju Kampung Budaya ,  kita akan menikmati suguhan hamparan sawah yang  identik dengan Kabupaten Karawang yang dijuluki daerah lumbung padi. Hamparan sawah ini berada dalam kawasan Kampung Budaya sebagai pengingat bahwa Karawang merupakan salah satu penyumbang beras nasional. Selain  itu, terdapat dua sanggar tari aktif yaitu Sanggar Tari Jaipong dan Pedalangan yang dibuka untuk para wisatawan. Tidak jauh dari pintu masuk Kampung Budaya, kita akan menjumpai rumah-rumah  khas  adat Sunda. Rumah-rumah ini di antaranya merupakan sekretariat  sanggar kesenian yang ada di Kampung Budaya, sekaligus tempat berdiskusi dan sharing, khususnya kesenian dan budaya Sunda. Di Kampung Budaya , kegiatan latihan Tari Jaipong dilakukan  seminggu dua kali, di samping pementasan yang rutin dilakukan di  Kampung Budaya. Sanggar kesenian terbuka bagi masyarakat yang ingin lebih mengenal kesenian Tari Jaipong dan Pedalangan.

Di Kampung Budaya juga tersedia Aula  yang bisa digunakan oleh masyarakat umum untuk sebuah kegiatan, misalnya acara hajatan. Juga  terdapat restoran dan makanan khas Sunda yang menjadi pelengkap di kawasan Kampung Budaya . Selain bertujuan ingin melestarikan kesenian yang ada di Karawang sekaligus memperkenalkan makanan khas Sunda kepada pengunjung dari luar Karawang.  Kampung Budaya secara rutin menyelenggarakan berbagai pertunjukan kesenian , baik yang diselenggarakan oleh  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Karawang maupun komunitas seni dari luar Karawang . Tampilan berbagai seni secara rutin  menjadi daya tarik, hingga masyarakat banyak berkunjung ke Kampung Budaya untuk menyaksikannya. Kampung Budaya bisa dijadikan alternatif wisata i keluarga. Semoga keberadaan Kampung Budaya , bisa menguatkan masyarakat untuk lebih mencintai kebudayaan dan kesenian lokal . (E-001) ***