Atasi Rem Motor Berdecit Setelah Diguyur Hujan

101

Pagi hari usai diguyur hujan, seringkali rem belakang skuter matik berdecit. Diprediksi karena kotoran, walau telah dibersihkan tapi suara berdecit tidak hilang.

Jenis skuter matik yang masih mengandalkan rem teromol pada roda bagian belakang seringkali mengeluarkan bunyi decit seperti suara logam bergesekan. Terutama jika kanvas rem telah memasuki masa pakai lebih dari setahun. Namun bunyi decit tadi hanya terjadi saat pagi atau usai diguyur hujan,  gangguan itu biasanya menghilang setelah motor berjalan jauh.

General Manager Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), Wedijanto Widarso, menjelaskan, rem belakang skuter matik berdecit , memang bisa  karena kotor dan  bersihkan saja.” Namun jika suara decit  tidak berkurang,  hal itu disebabkan karena material kanvas rem rusak. Dulu, AHM menggunakan bahan asbestos untuk kanvas remnya, tetapi karena berbahaya, bersifat karsinogen yang bisa menyebabkan kanker, kami ganti dengan material non-asbestos, dan performanya sama,”tutut Wediyanto.

Wedijanto menambahkan, tetapi ada konsekuensinya, material tadi akibat pemakaian (tekanan dan panas) lebih mudah memadat pada jangka waktu tertentu dibandingkan asbestos. Sementara bahan kanvas rem selain non-asbestos , ada pula yang berbahan metal  sehingga saat mengerem dalam keadaan dingin seperti terjadi gesekan antar logam. Saat dingin teromol  menyusut, akibatnya bunyi decit semakin keras.

Untuk Solusi mengurangi gejalanya, selain dibersihkan teromol dan kanvas remnya, coba panaskan motor lebih lama sebelum berjalan agar teromol dan kanvas  memuai. Tetapi jika kanvas rem sudah tipis sebaiknya diganti dengan yang baru. (E-002)***