Disperindag dan Polres Sumedang Sidak Harga Kebutuhan

53

BISNIS BANDUNG – Kapolres Sumedang melakukan peninjauan langsung harga kebutuhan pokok di Pasar Sandang dan Pasar Inpres Sumedang. Kenaikan harga  yang signifikan hanya terjadi pada daging ayam yang mencapai Rp 39.000/kilogram.
“Tadi kita tanyakan langsung kepada pedagang , pada umumnya harga kebutuhan pokok masih stabil, seperti beras dan telor belum ada kenaikan,” kata Kapolres , Senin (17/12/18) kepada wartawan.
Kenaikan harga paling signifikan terjadi pada harga daging ayam potong broiler. Dari  harga sebelumnya Rp. 36.000/kilogram menjadi Rp 39.000/kilogram. Kenaikannya , terjadi sejak sepakan ini, secara bertahap.
Menurut Kapolres, kenaikan harga jelang Natal dan Tahun Baru merupakan suatu hal yang wajar. Stok kebutuhan pokok sampai tahun baru  dipastikan aman.
Penurunan harga, kata dia,  terjadi pada komoditas sayuran dan minyak curah. Minyak curah dari harga  Rp 12.000/kilogram ,i turun menjadi Rp 10.000/kilogram.
“Terjadi sedikit kelangkaan pada wortel, tapi tidak masalah, bisa tercover dari wilayah Lembang dan Cipanas,” ucapnya.
Kadis Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumedang, Dadang Sukma membenarkan, tidak ada kenaikan harga signifikan di pasar Sumedang, jelang Natal dan Tahun Baru 2019.
“Ya  contohnya harga minyak malah turun, padahal  biasanya naik,” tuturnya.
Disebutkan, pihaknya terus melakukan pemantauan harga . Stabilnya harga komoditi di Sumedang dikarenakan Sumedang bukan kota besar.
“Sumedang hanya kota kecil, jadi menjelang Natal dan Tahun Baru kebutuhannya tidak terlalu besar seperti di kota besar. Hanya saat Idul Fitri saja terjadi lonjakan harga,” tutur Dadang menjelaskan. (E- 010) ***