Jalan Amblas Putus Akses Warga Dan Ancam Pemukiman

107

Bencana alam yang dipicu hujan deras, membuat sejumlah ruas jalan di kawasan ciwaruga, kabupaten bandung barat, amblas selasa pagi. meski tidak ada korban jiwa, amblasnya jalan memutus akses transportasi warga. peristiwa tersebut juga membuat saluran mata air ke pemukiman warga terputus, karena terkena longsoran jalan.

Lokasi titik jalan amblas salah satunya berada di rw enam, desa ciwaruga, kecamatan parongpong, kabupaten bandung barat. ruas jalan desa sepanjang dua puluh meter dengan kedalaman hingga tiga puluh meter, terbelah dan amblas, sehingga tak bisa dilewati warga dan pengguna jalan. sejumlah warga harus memutar jauh melewati areal perkebunan, untuk melintas.

Kondisi jalan aspal yang terbelah ini dipicu hujan deras, sehingga beberapa tebing pembatas jalan tak kuat menahan debit air. akibat peristiwa ini, selain akses jalan tertutup, saluran air menuju perkampungan juga tak mengalir, karena beberapa pipa terkena longsoran tanah dan aspal jalan.

Petugas badan penanggulangan bencana daerah kabupaten bandungĀ  yang tiba di lokasi, belum bisa berbuat banyak. warga berharap, pemerintah secepatnya menangani lokasi jalan amblas, agar saluran air ke pemukiman mereka teraliri kembali.

Bencana alam yang datangnya hampir bersamaan, menerjang kawasan ciwaruga di 4 titik. selain di rw 6, tanah amblas juga terjadi di rw 7, 8, dan 9. tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. namun, warga perlu waspada, mengingat curah hujan masih tinggi dan berpotensi menimbulkan longsor atau tanah amblas susulan.

Algi muhammad gifari, bandung tv.