Jelang Natal Dan Tahun Baru, SATGAS Pangan Sidak Pasar

60

Jelang natal dan tahun baru, tim satgas pangan inspeksi mendadak harga kebutuhan pokok, di sejumlah pasar tradisional di kabupaten cianjur. meski masih terbilang stabil, sejumlah harga pangan naik, seperti telur ayam dan daging ayam potong.

Jelang natal dan tahun baru, tim satgas pangan kabupaten cianjur, terdiri dari polres, dinkes, disperindag, dan dinas peternakan, sidak harga pangan dan kebutuhan pokok, di sejumlah pasar tradisional di cianjur, selasa siang.

Dari hasil sidak, petugas menemukan sejumlah harga pangan yang naik jelang natal dan tahun baru, seperti telur ayam yang naik menjadi 26 hingga 27  ribu dari 20 hingga 22 ribu rupiah perkilogram. begitu juga harga daging ayam potong yang naik perlahan, dari 32 ribu rupiah menjadi 36 hingga 37 ribu rupiah perkilogram.

Menurut pedagang, kenaikan tersebut disebabkan tingginya kebutuhan para konsumen jelang natal dan tahun baru, sehingga para peternak menaikkan harga jual ke pedagang eceran di pasar tradisional.

Dipastikan, hingga tahun baru, persediaan pangan di pasar tidak akan kurang. selain itu, pihaknya akan menindak tegas dan memproses secara hukum spekulan yang bermain harga.

Sementara itu, harga kebutuhan pokok lainnya di sejumlah pasar terbilang stabil. diperkirakan, harga kebutuhan pokok jelang natal dan tahun baru akan naik perlahan.

Heri setiawan, bandung tv.