Menjadi Wirausahawan Jawa Barat Di Era Industri 4.0

95

Tokoh jawa barat yang juga mantan bupati kuningan Aang Hamid Suganda mengajak generasi muda jawa barat, untuk segera merintis dan mengembangkan wirausaha. Karena di era digital saat ini berwirausaha lebih mudah diwujudkan, yakni menjadi pengusaha itu modal utamanya adalah keinginan, lalu action. Di  era digital ini tentu kian memudahkan semua orang untuk bisa merancang jenis usaha sesuai dengan seleranya.

Hal ini disampaikan Aang Hamid Suganda dalam diskusi bertema menjawab tantangan dan peluang kewirausahaan di jawa barat di era industri 4.0, di Hotel Asrilia, pada senin 10 Desember 2018, yang dihadiri puluhan anggota dari HIPMI Kota Bandung dan Kota Cimahi.

Aang Hamid Suganda dihadapan para pengusaha muda menyampaikan, tumbuh suburnya industri kreatif seperti startup yang kini tampil menjadi raksasa ekonomi digital tanah air, saat ini mempengaruhi gaya hidup masyarakatnya.

Menurut Aang, sekarang masyarakat kalau jualan ttidak harus ke Toko, Mal, ataupun Outlet-Outlet, tapi cukup melalui duni maya sudah bisa. Dengan perubahan platform bisnis saat ini harus diterima sebagai peluang bagi generasi muda untuk ikut andil di dalmnya, dia meminta generasi muda untuk memulainya melalui usaha kecil dan menengah. Aang Hamid Suganda menambahkan, generasi muda jawa barat apalagi yang di bandung dan cimahi sudah dikenal dengan generasi kreatif.

Aang juga mensuport para pengusa muda ini dengan menyampaikan bahwa cita-cita memang harus tinggi, tapi untuk mewujudkannya harus dimulai dengan action yang terukur, yakni jangan terlalu melihat yang sudah besar, sehingga menjadi ciut nyali untuk memulai usaha,dan menjadi pengusaha janganlah harus bisa menhadapi tantangan dan pantang menyerah.

Dalam kegiatan diskusi ini anggota DPRD Jawa Barat, Yunandar R. Eka Prawira juga menyampaikan bahwa dukungan legislatif dalam pertumbuhan wirausaha jawa barat saat ini di wujudkan dengan RPJMD Jawa Barat yang intinya akan memberikan akses full bagi para pelaku wirasuha untuk berkembang dengan kebijakan yang akan di jalankan oleh pemerintah daerah.

Sementara ketua HIPMI Kota Bandung, Surya Batara Kartika yang hadir di kegiatan ini juga menyampaikan sangat apresiasi sekali dengan perhatian legislative dan pemerintah saat ini kepada dunia wirausaha, dengan adanya rancangan peraturan daerah yang akan di terapkan, tentu profesi menjadi wirausaha akan terbuka jalan terang, sehingga kemudah-mudahan bagi para pengusaha micro, kecil, maupun menengah akan bisa bertahan dan berkembang.