Trik Jitu Agar Gadget Tidak Cepat Panas

101

TANPA kita sadari, penggunaan gadget secara terus-menerus seringkali membuat suhu perangkat yang digunakan meningkat. Baik itu laptop, tablet ataupun smartphone.

Bahayanya, gadget yang kerap mengalami overheat dapat berakibat lemot dan tentunya kasus terparah yakni merusak hardware perangkat.

Lalu bagaimana untuk mengatasinya? Berikut ini ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui agar gadget tidak cepat overheating.

  1. Hindari kebiasaan meninggalkan gadget di dalam mobil ketika cuaca panas. Beberapa dari Anda pasti pernah meninggalkan laptop atau tablet di dalam mobil.

Karena kondisi yang kedap udara dan ditambah panas matahari, kondisi di dalam mobil pun terasa seperti sebuah oven.

  1. Jangan menggunakan gadget di tempat-tempat yang langsung terpapar sinar panas matahari. Serupa dengan poin sebelumnya, ada baiknya Anda selalu menggunakan pelindung agar gadget terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung.
  2. Saat Anda beralih dari udara panas masuk ke ruangan yang memiliki udara dingin, jangan langsung menyalakan atau menggunakan gadget.

Sebaiknya, gadget didiamkan sebentar kemudian baru dinyalakan untuk menghindari kemungkinan gadget tidak dapat dinyalakan. (C-003/BBS)***