Curug Ciherang Bogor

93

 BOGOR sudah menjadi salah satu destinasi wisata yang terkenal dengan keindahan alamnya. Ada banyak spot menarik yang bisa dijelajahi para pengunjung. Bahkan, tiap tahunnya berkembang tempat wisata baru yang memiliki daya tarik tersendiri.Salah satu tempat dengan keunikannya ialah Curug Ciherang di Kabupaten Bogor, Lokasi wisata unik itu berada di Desa Warga Jaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Untuk sampai di lokasi air terjun, para pengunjung harus berjalan kaki melewati jalan setapak sekitar 15 menit dari gerbang masuk.

Indahnya pemandangan alam yang hijau akan menemani perjalanan sehingga tak akan terasa membosankan.Aksebilitas menuju lokasi sudah cukup baik,jalanan beraspal akan menemani para pengunjung,selain itu jalan itu telah terhubung dengan kota besar lainnya di wilayah Provinsi Jawa Barat, DKI danBanten.

Daya tarik Curug Ciherang trerletak pada keunikannya. Curug itu berketinggian sekitar 30 meter dan air tidak langsung jatuh ke dasar tetapi melalui beberapa undak/ bertingkat sehingga pengunjung tetap bisa bermain air di bawahnya. Debit air cukup besar dan jernih sesuai dengan nama Ciherang (bahasa Sunda) berarti air jernih/bening. Lokasi curug itu berada di ketinggian sekitar 900 m dari permukaan laut, jadi ada baiknya membawa jaket atau baju tebal untuk menghangatkan badan seusai bermain air. Pemandangan pun tampak indah karena lokasi curug berada di celah tebing gunung dengan paduan hijaunya pepohonan. Adanya bebatuan di sekitar air terjun pun bisa menambah keindahan pemandangan yang bernuansa alami khas pegunungan. Bebatuan di curug itu termasuk licin, jadi saat menginjaknya harus tetap hati-hati agar tidak terpeleset.

Pesona lain dari Curug Ciherang ialah keberadaan rumah pohon, adanya rumah pohon yang dibuat menyatu dengan pohon besar lengkap dengan sebuah jembatan penghubungnya. Dari spot rumah pohon maupun jembatan inilah para pengunjung bisa melihat keindahan alam sekitar dari ketinggian. Spot favorit berfoto yang banyak digunakan wisatawan adalah jembatan di rumah pohon tersebut. Dengan angle yang pas, pelancong bisa mendapatkan berbagai foto yang terlihat sangat menarik. Fasilitasnya sudah cukup lengkap dan memadai, seperti kamar mandi, toilet, mushola dan warung makan. Jika ingin menginap, di kawasan itu ada fasilitas penginapan yang berkapasitas cukup besar. Jika ingin merasakan sensai bermalam dengan suasana alami, para pelancong bisa mendirikan tenda di camping ground yang telah disediakan oleh pengelola. Apabila membawa tenda sendiri, pelancong cukup membayar biaya Rp 75.000 semalam untuk camping di kawasan Curug Ciherang. Harga itu masih jauh lebih murah daripada menginap di villa, apalagi tarif itu  dikenakan untuk satu tenda, bukan perorang.

Harga tiket masuk kawasan Curug Ciherang hanya Rp 10.000 perorang, untuk parkir motor Rp 15.000 dan Rp 25.000 untuk parkir mobil. Lalu untuk bisa masuk ke rumah pohonnya, kita  hanya membayar Rp 2.000. Wisata ini buka setiap hari, mulai pagi jam 07.00 WIB sampai sore jam 18.00 WIB.Curug atau air terjun yang dikelola oleh Perhutani intucocok bagi pelancong yang ingin mencari kedamaian sejenak dan melepas bisingnya suasana perkotaan. Kesejukan dan pemandangannya tentu bisa menjadi daya tarik tersendiri.