Ide Bisnis Gaya Hidup Muslim 2019

99
Islamic woman small business owner holding blackboard with smiling

GAYA hidup konsumen muslim dan halal ekonomi di seluruh dunia pada tahun 2019 diproyeksikan akan mencapai USD 3,7 triliun dan potensi pasarnya sangat besar.

Muda, kaya, seorang muslim yang biasa disebut sebagai muslim milennial atau generasi M sedang menggandrungi produk dan jasa yang tidak hanya kompatibel dengan keyakinan Islam mereka, tetapi juga sesuai dengan kehidupan modern.

Hal ini dapat membuka peluang bisnis bagi para pengusaha pemula tanpa menyinggung latar belakang ras, agama dengan memanfaatkan pasar muslim untuk memulai perusahaan start-up mulai dari makanan halal, fashion dan banyak lagi.

Inggris menjadi pelopor dalam perekonomian gaya hidup muslim dengan statusnya sebagai pemimpin dalam market muslim B2C, percaya peluang tersebut akan terus tumbuh pada tahun ini.

Banyaknya perusahaan startup islami di dalam maupun luar negeri, tidaklah mengherankan, mengingat ukuran pasar Islam yang sangat besar. Di Inggris sendiri, statistik menunjukkan penduduk Muslim sekarang lebih dari 3,1 juta orang dari sebelumnya 1,1 juta Muslim yang tinggal di ibukota.

Menurut laman Timur Tengah Zawya, nilai pasar untuk makanan halal global dan gaya hidup akan mencapai $3,7 triliun  tahun 2019. Reuters melaporkan ekonomi Islam global sektor lifestyle Muslim umumnya tumbuh pada dua tingkat ekonomi global. Dan, tahun 2030, kelas menengah Muslim diharapkan menjadi triple 900 juta global dalam berkonsumsi.

Pada Maret tahun 2016 lalu, raksasa ritel Marks & Spencer (M&S) memanfaatkan permintaan gaya hidup muslim dengan meluncurkan berbagai burkinis, pakaian renang yang menutupi seluruh tubuh kecuali wajah, tangan dan kaki, pakaian tersebut sangat laku di Inggris dan langsung sold out dalam lima bulan.

Kemudian di bulan Januari tahun ini, M&S pertama kali meluncukan mode yang didedikasikan untuk wanita muslim dengan lipatan kerah yang lebih tinggi dan keliman baju lebih rendah. Mangga dan Zara juga turut dalam gerbong ekonomi muslim dengan meluncurkan mode busana muslimah bertepatan dengan awal Ramadhan.

Inayah, merek busana berbasis di London yang mengkhususkan diri dalam mode minimalis dan kontemporer, menjadi favorit muslim milennial dengan hampir satu juta fans di seluruh media sosial. Termasuk pengusaha muda muslim Anna Siddiqui dari Little Kickers.

Di luar fashion, ritel bisnis Inggris seperti The pampered muslimah dan Ibrahim toy House telah menikmati kesuksesan start-up dengan menjalankan konsep perekonomian gaya hidup muslim.

Peluang Bisnis Gaya Hidup Muslim

Mode dan ritel telah membuktikan betapa besarnya pasar muslim sesuai dengan demografis milenial. Dunia kuliner dan restoran halal permintaanya pun sangat tinggi, seperti yang ditawarkan Huddersfield, jajanan makanan halal seperti burger Bhangra yang ditawarkan oleh Baba G di Camden.

Memulai bisnis restoran halal memang membutuhkan konsep yang unik, waktu dan dana yang tidak sedikit. Pilot project dan ide bisnis sangatlah dibutuhkan.

Di Inggris terdapat festival jajanan pinggir jalan yang dibuat oleh Halal Gems, expo tersebut menawarkan kesempatan untuk para start-up makanan halal. Diluncurkan pada Juli 2017 dan dihadiri sekitar 67.000 penduduk di seluruh dunia. (C-003/BBS)***