Leuwi Lieuk Bogor

131

            Ingin mencoba wisata alam yang menantang tidak seperti wisata alam mainstream lainnya,kita bisa mencoba mengunjungi Leuwi Lieuk di kawasan Bogor. Lokasi  Leuwi Lieuk Sentul Bogor selama ini memang dikenal surganya wisata air terjun atau dalam bahasa Sunda disebut curug.

Rute menuju lokasi dari berbagai kota bisa mengakses jalan tol kemudian menuju kawasan Sentul. Dari bundaran Sentul Nirwana, beloklah ke kiri menuju jungleland. Di sebelah kanan pintu masuk jungleland ada jalan menanjak, ikuti jalan tersebut. Kemudian sesampainya di pertigaan, ambilah ke kiri (jika kekanan arah Gunung Pancar).

Setelah berjalan sekitar 5 km, akan terlihat  spanduk besar bertuliskan Curug Leuwi Hejo. Untuk menuju ke curug itu ataupun Leuwi Lieuk memang masih minim  petunjuk arah, jadi jika bingung jangan ragu untuk bertanya pada warga sekitar.

 Leuwi sendiri dalam bahasa Sunda artinya lubuk atau bagian terdalam dari sungai. Nah, di kawasan Bogor banyak sekali lubuk indah yang keberadaannya cukup tersembunyi dan masih jarang dikunjungi. Salah satunya adalah Leuwi Lieuk. Lokasi Leuwi Lieuk masih berada dalam satu kawasan dengan obyek wisata Leuwi Hejo yaitu di Kampung Wangun Cileungsi, Desa Karang Tengah, Kecamatan Madang, Kabupaten Bogor. Sebelum sampai ke Leuwi Lieuk, pelancong akan bertemu dengan Curug Cepet atau Leuwi Cepet terlebih dahulu. Untuk mencapai ke Leuwi Lieuk pelancong harus berenang melewati Leuwi Cepet kemudian trekking di tepian sungai sekitar 5 menit,lokasinya cukup unik karena dikelilingi tebing.

            Alternatif kedua bila tidak ingin berenang ialah trekking mengelilingi bukit terlebih dahulu, trekking ini cukup menguras tenaga,namun cukup aman untuk pelancong yang kurang berenang. Dari ketinggian bukit itu Leuwi Lieuk sudah tampak dengan kolamnya yang menghijau.Pemandangan di Leuwi Lieuk benar-benar indah dan eksotis, mirip dengan tempat wisata di Pangandaran yaitu Green Canyon. Daya tarik Leuwi Lieuk ialah kolam jernih dengan air berwarna hijau dan tebing tinggi yang mengapitnya. Bermain air dan berfoto adalah hal yang harus pelancong lakukan saat berada di lokasi itu. Aktivitas menantang yang biasanya dilakukan pelancong ialah melompat dari tebing yang memiliki ketinggian hingga 6 meter. Selain itu tersedia pula seutas tali diantara tebing bagi yang bisa slackline dan kemudian melompat ke kolam. Tapi hati-hati ya, karena bebatuanya cukup licin. Kedalaman kolam di curug leuwi lieuk ini sekitar 4 meter lebih dangkal ketimbang Curug Leuwi Hejo yang mencapai 6 meter.

            Para pengunjung Leuwi lieuk dikenakan tarif Rp 10 ribu perpengunjung. Selain itu para pengunjung juga dikenakan biaya parkir Rp 5 ribu untuk sepeda motor dan Rp 10 ribu unutk mobil. Fasilitasnya lumayan lengkap mulai dari area parkir yang luas, tempat makan, tempat penitipan barang, kamar mandi dan toilet. Ada baiknya kita menyiapkan kondisi fisik terlebih dahulu sebelum melancong ke Leuwi Lieuk karena topografi alam serta kondisi tempat wisata itu sedikit membutuhkan tenaga ekstra untuk mencapainya. Selain itu untuk mengabadikan keindahan alamnya ada baiknya kita membawa alat yang memadai untuk mengambil gambar baik itu telepon genggam atau kamera foto dan video.