Menjaga Nilai Silaturahmi, Penghobi Trail Adventure

114

KEBERADAAN komunitas  trail adventure yang terbentuk diberbagai kota, membawa pengaruh semakin berkembangnya olahraga petualangan alam dengan menggunakan sepeda motor.

Jalinan persaudaraan sesama offroader yang ada di Jawa Barat dan provinsi lainnya, terus dibina dan dijaga. Hal itu bisa terlihat dalam sebuah kegiatan Ulin Bareng (Ubar) Dulur Chank Rohim yang berlangsung di Situraja Kabupaten Sumedang, Sabtu, (22/12/2018).

Kegiatan ini merupakan perhelatan pertama yang digelar oleh Chank Rohim. Acara ini digelar sebagai langkah menjalin silaturahmi dan mewadahi tingginya hasrat para penggiat offroad roda dua di tanah air.

Suasana pagi di area terbuka di lapangan bola Cilimus Desa Mekarmulya Kecamatan Situraja, hiruk pikuk oleh  ribuan raungan suara knalpot motor trail. Tercatat sebanyak 1460 offroader yang datang dari berbagai komunitas trail adventure di berbagai kota tengah siap dan tak sabar melakukan ritual  Kegiatan ”Ulin Bareng dulur Chank Rohim” lewat pengibaran bendera star yang dilepas secara bertahap.

Jelajah kegiatan Dulur Chank Rohim ini dilewati dalam cuaca cerah oleh sebagian peserta yang melewati karakter trek yang cukup menantang. Lintasan yang menjadi trek petualangan disesuaikan dengan kontur pegunungan yang terbilang bervariasi di kawasan Sumedang Utara. Hutan lebat dengan kemiringan curam dalam jarak yang relatif panjang, dialami setiap offroader saat melewat kawasan Jatigede Sumedang.

Tak ada kendala yang dialami oleh semua peserta saat mengarungi perjalanan dengan permukaan trek kering selama 5 jam lamanya. Jatuh saat melintasi tanjakan dan  turunan ekstrem sudah menjadi pemandangan yang lazim dalam kegiatan trail adventure. Namun para peserta dipastikan tetap dalam keadaan aman, selamat, dan tidak merusak alam.

“Perhelatan nonkompetisi adventure offroad ini dipentaskan dalam menjalin serta menjaga silaturahmi sesama dirtracker mania yang datang dari berbagai bendera komunitas trail yang terbentuk di daerahnya masing-masing. Begitu indahnya nilai silaturahmi dijalin dalam sebuah hobi trail adventure. Hal itu sesuai dengan filosofi Jargon buat para pecinta adventure trail “Salam sadulur sajalur, save duduluran”,ujar, Chank Rohim, penggagas acara ulin bareng.

Kegiatan ”Ulin Bareng Dulur Chank Rohim” berhasil memadukan aktivitas offroad roda dua dengan puncak aktivitas berupa fun adventure offroad, serta berbagai bentuk hiburan yang menarik dan dapat dinikmati secara luas oleh masyarakat. Perhelatan ini bukan saja diselenggarakan dengan nuansa pegunungan dengan panorama sekeliling yang cukup indah dan asri. Tetapi juga sangat kental dengan nilai silaturahmi.

Kepuasan para offroader ketika mengikuti even ini, sepertinya begitu lengkap. Selain disuguhi karakter trek bervariasi, yang penuh dengan tantangan serta nyali yang kuat untuk melewatinya, para dirty bike bisa menikmati pemandangan indah Kabupaten Sumedang.

Kemasan acara memang dibikin puas bagi para pesertanya, alias tidak dibuat dengan asal-asalan. Sehingga kesan yang menyenangkan bisa didapat oleh seluruh offroader.

Sambil dipandu oleh duet MC yaitu Bayi dan Boeng, Pengundian Doorprize dengan sejumlah hadiah menarik sudah menjadi sesi yang ditunggu-tunggu oleh para offroader, 1 buah tiket umroh 3 unit motor dan hadiah menarik lainnya menjadi harapan besar bagi siapa saja untuk mendapatkannya. Tak lupa hiburan musik dangdut dan Live DJ menjadi penghibur di akhir acara. ”Ubar dulur Chank Rohim” ini akan menjadi agenda rutin yang digelar setiap tahun. (E-002)***