Tebing Longsor Timpa Rumah Warga

88

Pasca hujan deras yang mengguyur kawasan lembang kabupaten bandung barat berhari hari, tebing setinggi lebih dari lima meter, longsor di desa benteng, jayagiri, lembang. satu rumah rusak berat dan tiga lainnya retak-retak serta terancam longsor susulan. beruntung, tidak ada korban jiwa. namun seorang warga terluka akibat terkena matreial longsor. kerugian mecapai puluhan juta rupiah.

Beginilah kondisi rumah yang rusak berat di desa benteng, jayagiri, kawasan wisata lembang bandung barat, akibat tertimbun material longsor setinggi lebih dari lima meter.

Sebelumnya, longsor diakibatkan hujan deras yang mengguyur kawasan ini berhari-hari. beruntung, tidak ada korban jiwa. namun, satu orang terluka akibat nyaris tertimbun, ketika saat kejadian sedang berada di rumah bersama seorang lainnya. selain rumah rusak, harta benda korban pun rusak dan tertimbun.

Longsor juga mengancam 3 rumah lainnya. kini, kondisi ketiga rumah tersebut sudah retak-retak. jika hujan datang, sejumlah warga terpaksa mengungsi ke rumah kerabat dan tempat yang aman. kerugian diperkirakan mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah.

Hingga kini, belum ada bantuan dari pemerintah. evakuasi longsor pun dilakukan dengan cara swadaya dan alat seadanya. warga berharap, pemerintah kabupaten bandung barat memperbaiki sisa-sisa longsoran, agar tidak terjadi longsor susulan yang membuat warga trauma.

Algi muhammad gifari, bandung tv.