Video Viral Ajakan Bupati Bandung Barat Diselidiki Bawaslu

159

viral ditengah-tengah masyarakat, yang diduga bupati bandung barat, aa sutinsa. Dalam tayangan video ini, ada pembicaraan ada ajakan kepada sejumlah orang termasuk diduga kepala dinas seta guru honorer, untuk mencoblos dua orang calon legislatiif, yang tak lain anaknya sendiri dan adiknya sendiri, rabu siang. Bawaslu pun menerima laporan dugaan pelanggaran yang dilakukan bupati dan akan menyelidiki lebih lanjut.

Dalam tayangan video, pria yang diduga bupati bandung barat, aa umbara sutisna tersebut berbicara mengenai intervensi pemilu 2019. Berbicara dalam bahasa daerah dan indonesia, kepada orang yang ada di dalam ruagan tersebut, bupati berbicara tentang pencalonan anak dan adiknya dalam pileg 2019. Bahkan, bupati  berbicara secara blak-balakan meminta balas budi dukungan kepada ribuan guru honorer agar mencoblos dua orang caleg termasuk anaknya yang akan bertarung di tingkat dprd provinsi dan dpr ri. Ingga saat ini, bupati bandung barat, aa umbara sendiri belum bisa ditemui untuk dikonfirmasi terkait hal ini.

Namun demikian, badan pengawas pemili, bawaslu bandung barat mengakui sudah menerima laporan terkait adanya dugaan peanggaran melalui video viral tersebut. Bawaslu bersama penagan hukum terpadu, gakumdu pileg danpilpres 2019, akanmenyelidiki lebih lanjut dengan meminta keterangan dari pelapor, kemudian saksi termasuk terlapor.

Algi muhammad ghifari, bandung tv.