Yayasan Kesenian Raksa Dama Gelar Pagelaran Nuyun Rancage 2018

73

Yayasan kesenian raksa dama, untuk keenamĀ  kalinya menggelar pagelaran nuyun rancage 2018, tari dan pencak silat, yang digelar di tempat wisata berkuda paku haji,ngamprah, kabupaten bandung barat, selasa siang. Kegiatan itu digelar guna melestarikan dan meningkatkan minat seni dan budaya, khususnya budaya sunda di kalangan generasi penerus bangsa.

Bertempat di wisata berkuda paku haji, ngamprah, kabupaten bandung barat. Yayasan kesenian raksa dama, menggelar sebuah pergeran nuyun rancage 2018, berupa tarian dan pencak silat yang pesertanya merupakan kalangan muda penerus bangsa. Kegiatan yang dimulai dengan penyambutan tamu undangan dengan upacara adat itu pun, berjalan cukup meriah. Selain itu, para peserta pun baik tarian jaipong , pencak silat dan kesenian lainnya, satu persatu maupun berkelompok dengan lugas dan indah , diiringi musik tradisional khas sunda, mempertunjukan keahlian mereka dalam berkesenian dihadapan para tamu . Mewakili pemerintah daerah, camat ngamprah, med ardiwilaga, mengungkapkan jika dirinya mengapresiasi dan bangga dengan adanya kegiatan yang digelar yayasan kesenian raksa dama ini, pasalnya dengan adanya kegiatan ini, penerus bangsa ini dapat meneruskan nilai nilai budaya,guna mencetak penerus bangsa berkarakter budaya yang kuat.

Sedangkan ketua yayasan kesenian raksa dama, rochman eka citra setia, menjelaskan jika kegiatan ini bertujuan guna meningkatkan kreatifitas anak melalui seni dan tradisi mengenal budaya.

Selain dihadiri sejumlah sanggar atau paguron pencak silat yang ada di bandung barat, sejumlah paguron dan sanggar tari yang ada di luar kab.bandung barat pun turut hadir memeriahkan dan mendukung acara yang digelar yayasan kesenian raksa dama 2018 ini.