Jambore Spider Kids Pertama Diselenggarakan di Indonesia

89

     Jambore spiders kids  berlangsung di Cilopang Adventure Camp. Jambore spiders kids pertama di Indonesia berlangsung  meriah , diikuti  35 pemanjat tebing cilik ikut yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Barat dan DKI Jakarta, untuk mengikuti rangkaian kegiatan yang berlangsung tanggal 29 dan 30 Desember 2018.  Mereka di dampingi para orang tua masing-masing, namun tidak diperkenankan memasuki area kegiatan jambore.  Upacara pembukaan  diikuti oleh semua peserta jambore spider kids serta para instruktur.

            Selepas upacara pembukaan, rangkaian kegiatan jambore spider kids  dimulai dengan kegiatan pertama berupa games grouping. Para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Selanjutnya masing – masing kelompok harus menyelesaikan tantangan yang ada dalam tiap games yang tampak sangat antusias diikuti peserta dengan bimbingan para instruktur untuk menaklukan setiap tantangan . Ketika menjelang malam ,masing masing kelompok harus mengikuti kegiatan sapa malam. Dalam kegiatan ini peserta harus berjalan menyusuri kawasan Cilopang dan mendatangi beberapa pos. Pada setiap pos mereka wajib menyelesaikan tugas yang diberikan instruktur yang kemudian memberinya harta karun berupa potongan-potongan lego . Di pos terakhir potongan – potongan lego harus dibentuk menjadi sebuah bangunan yang memiliki karakter.

            Pada hari kedua para peserta terbagi dalam dua kelompok besar,setiap kelompok mengikuti rangkaian kegiatan yang di tetapkan oleh panitia. Kelompok pertama mengikuti kegiatan out bond high roof,meski pesertanya anak-anak , namun mereka sangat antusias menyelesaikan tantangan dalam out bond high roof. Para instruktur  membimbing para peserta ketika meyelesaikan tantangan dalam out bond high roof. Kelompok lainnya bergerak menuju tebing Cilopang untuk melakukan pemanjatan,panitia menyediakan dua jalur untuk para peserta.Karakteristik tebing Cilopang yang cukup unik menantang para pemanjat spider kids untuk mencapai puncak. Akar disela – sela tebing menambah kesan eksotis tebing . Pemanjat tampak semangat untuk menyelesaikan pemanjatan secepat mungkin.

            Sebagai kegiatan terakhir  peserta jambore spider kids berperahu di danau Cilopang. Di Danau seluas satu hektar ini para peserta sangat menyenanginya kegiatan berperahu.Bahkan di antara mereka ada yang meloncat dari perahu karena ingin merasakan kesegaran air danau Cilopang yang bersih dan dingin. Mereka terjun ke air danau menggunakan pelampung dan tidak terlepas dari pengawasan para instruktur. Pada akhirnya rangkaian kegiatan jamboree spider kids  di tutup dengan upacara,yang diikuti oleh para peserta,  instruktur, orang tua dan Kepala Sekolah Panjat Tebing Merah Putih, Tedi Ixdiana yang pada kesempatan itu menyerahkan medali serta sertifikat untuk peserta jamboree spider kids pertama di Indonesia.  (E—001) ***