Gunung Kunci Diserbu Wisatawan

91

BISNIS BANDUNG – Berbagai cara dilakukan masyarakat dalam  mengisi waktu liburan disesuaikan dengan dana yang dimiliki. Berkumpul bersama keluarga sambil makan – makan atau melakukan perjalanan menuju obyek wisata yang membutuhkan cukup bekal finansial.


Di Sumedang hampir semua objek wisata pada musim liburan kali ini dipadati warga Sumedang maupun dari luar kota Sumedang. Salah satu objek wisata di Sumedang yang berlokasi di tengah kota yang banyak dikunjungi wisatawan,yaitu Gunung Kunci,selain berlokasi di tengah kota ,  Gunung Kunci ini  mudah di jangkau oleh wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Gunung Kunci, merupakan saksi bisu sejarah perjuangan bangsa Indonesia,khususnya bagi rakyat dan kerajaan Sumedang waktu itu  dalam melawan penjajah Belanda yang  menguasai wilayah Kota Sumedang.Kawasan Gunung Kunci masih  memiliki  suasana alam pegunungan dengan udara sejuk ,meski berada di tengah kota. Dari ketinggian area pegunungan bisa
menikmati pemandangan wilayah Kota Sumedang.

Elis Munir,warga Tanggerang mengaku,  sengaja berkunjung ke objek wisata Gunung Kunci bersama keluarganya , sekalian berkunjung pada kerabatnya di Bandung.
“Niatnya sih pingin berlibur ke pantai atau ke tempat wisata lainnya,namun kejadian  tsunami di Anyer,kami jadi takut liburan ke pantai,untungnya anak- anak punya alternatif  lain selain berwisata ke pantai,ya.. ke Gunung Kunci bersama keluarga dari Bandung ,”ujarnya menyawab pertanyaan BB di area  objek wisata Gunung Kunci,Selasa (01/01/2019).

Elis Munir beserta keluarganya yang tinggal di Bandung,semula berencana akan berlibur ke Pantai  Pangandaran.Namun mempertimbangkan keselamatan dan kejadian tsunami beberapa waktu lalu di wilayah Banten, akhirnya  memilih ke Gunung Kunci sebagai tempat berlibur bareng keluarga.

“Setelah dipikir- pikir , ditambah saran dari keluarga akhirnya kita mengunjungi Gunung Kunci Sumedang dengan membawa makanan  secukupnya. Di kawasan Gunung Kunci ,kita bisa bercengkrama bersama keluarga sambil menghirup udara segar pegunungan sekaligus melihat bangunan peninggalan pada jaman perang dulu yang masih tertata rapi. Obyek ini sekaligus jadi bahan pembelajaran buat anak- anak juga,” ungkapnya.

Elis dan keluarga selain berkunjung ke objek wisata Gunung Kunci, berencana  akan berkeliling ke tempat tempat wisata di Sumedang .

“Karena obyek yang mau dikunjungi tempatnya ngak terlalu jauh, jadi kita berencana mau berkeliling lagi  ke tempat lainnya setelah dari sini,”ujar Elis menjelaskan. (E- 010) ***