Sirkuit BRS MX Wanakaya Cirebon Siap Digunakan Ajang Balap Motocross

56

Kabar baik bagi insan otomotif Jawa Barat. Sebuah Kawasan di Desa Gesik, Blok Cijombang Kecamatan Tengah Tani Wanakaya Kabupaten Cirebon, resmi menjadi sarana atau sirkuit baru untuk kegiatan balap motocross dan grasstrack bernama Sirkuit BRS MX Wanakaya Cirebon. Sirkuit motocross bertaraf nasional ini dibangun atas kecintaan dan hobi dari H. Fikrian Hakim bersama  Sam yang notabene penghobi otomotif asal Cirebon.

Sebagai upaya sosialisasi tentang keberadaan sirkuit di wilayah Cirebon ini,  tanggal 26-27 Desember 2018  lalu, pihak pengelola sirkuit menggelar kegiatan latihan bersama yang diikuti atlet motocross se Jawa Barat.

Sirkuit BRS MX ini dibangun diatas lahan 2,5 hektar, pembuatan sirkuit ini melibatkan beberapa pelaku otomotif yang professional dibidangnya, antara laini Benny Baong, Pria Nursandi dan Mas Mul yang memberi saran mengenai  bentuk dan design trek yang baik, cocok dan tetap mengutamakan unsur safety.

Waktu pengerjaan dimulai derngan membuat planing layout, sampai mengerjakan dengan menggunakan alat berat, hingga penyelesaiannya yang memakan waktu selama 18 hari.

Sirkuit ini mempunyai panjang lintasan 1,2 kilometer  ini terbilang komplit untuk digunakan balap grasstrack atau motocross . Tersedia berbagai handicap seperti table top, double jump, dan super bowl

Tentu saja rintangan yang dibuat tetap aman bagi seluruh crosser yang berlaga disini.

Pembangunan Sirkuit BRS MX ini telah selesai 100 %. Tahap selanjutnya yang akan dikerjakan adalah pembangunan tribun dan pembenahan paddock.

”Visi dan misi kita membangun sirkuit ini,  ingin mengangkat potensi atlet crosser lokal Cirebon . bahkan Jawa Barat ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Saya harap sirkuit ini bisa melahirkan bibit-bibit pembalap motocross yang berprestasi,” ujar H Fikrian Hakim, selaku pemilik sirkuit BRS MX Wanakaya Cirebon.

Fikrian menjelaskan,  fasilitas umum, seperti parkiran, paddock, toilet dan fasilitas umum dan lainnya akan segera dibangun , bahkan  berencana  dibangun tribun penonton dibeberapa titik.

“Segala fasilitas umum akan segera diselesaikan. Kami ingin coba menjadi tuan rumah kejuaraan balap tingkat nasional, Kejurda bahkan balapan sekelas Powertrack yang sudah masuk pada tahap rencana dan pembicaraan. Paling telat dan idealnya menunggu musim kemarau  sekitar pertengahan tahun 2019 mendatang,”ujar ungkap Benny Pria Nursandi,  pengelola sirkuit BRS MX Wanakaya Cirebon.

Keberadaan Sirkuit ini menjadi angin segar bagi para penghobi balap motocross. Cirebon memiliki sirkuit motocross bertaraf nasional yang bisa menjadi sarana untuk berlatih, hingga menggelar kompetisi balap untuk mencetak generasi pembalap motocross yang berprestasi, selain gudangnya  crosser yang membutuhkan sarana tempat latihan dan  berkompetisi.

Mudah-mudahan keberadaan sirkuit BRS MX Wanakaya Cirebon ini, lanjut Benny , bisa menggelorakan kembali balapan motocross di Jawa Barat, serta program regenerasi crosser-crosser handal Jawa Barat terus berjalan secara berkesinambungan.

Latihan Bersama di Sirkuit BRS MX Wanakaya Cirebon,merupakan ajang ujicoba lahan sirkuit. Para penggemar motocross di Jawa Barat secara spontan menyambut baik keberadaan sirkuit ini. Walaupun Sirkuit yang dibuat belum rampung, namun  latihan bersama ini tetap dirancang sedemikian rupa dengan tetap mengutamakan faktor keselamatan dengan menghadirkan seluruh perangkat safety selama berlangsungnya latihan.

Untuk tahun 2019 mendatang Sirkuit BRS MX Wanakaya Cirebon berencana akan menggelar kejuaraan grasstrack dan motocross tingkat lokal maupun nasional hingga ajang bergengsi powertrack. Pihak pemilik sirkuit  menyambut baik bagi para pembalap motorcross yang ingin berlatih di Sirkuit BRS MX Wanakaya dan berharap kepada promotor balap yang ingin menyelenggarakan kompetisi balap. (E-002)***