Teknik Jump Start Aki Mobil

92

Kadangkala, mobil tidak bisa dihidupkan karena energi aki lemah atau habis. Untuk mengatasi hal serupa itu ada teknik jump start atau mengaktifkan kembali aki dengan menggunakan aki mobil lain.

Namun, saat melakukan jump start ada hal  perlu diperhatikan :

  1. Pastikan bahwa penyebab mesin tak mau hidup karena akinya. Misalnya dengan menyalakan lampu , kalau redup mungkin energi aki sudah lemah , kalau nyala lampu masih terang, berarti masalah bukan pada aki.
  2. Setelah anda yakin akinya memang habis setrum, dekatkan mobil lain yang masih normal dalam posisi berhadapan, berjarak tergantung panjang kabel jump start . Kalau mobil matik, pastikan tuas transmisi dalam posisi “park”, kalau mobil manual transmisi dalam posisi “neutral.” Rem tangan harus terpasang penuh.
  3. Kenakan sarung tangan berbahan karet, temukan kutub positif (+) dan negatif (-) pada aki kedua mobil. Kalau kutub diberi warna, merah adalah positif dan hitam negatif.
  4. Ambil kabel jumper, pasang penjepit kabel jumper positif (merah) pada kutub positif aki mobil yang normal, dan ujung satunya di kutub positif aki mobil yang rusak.
  5. Pasang penjepit kabel jumper negatif (hitam) di terminal negatif aki mobil yang normal. Kabel yang sudah bisa terisi setrum , jangan sentuhkan bagian penjepit kabel ke badan atau bagian mobil yang lainya.
  6. Jepitkan ujung kabel jumper hitam yang satunya ke logam mobil di dekat mesin, lebih baik pada baut penyangga aki yang tersambung dengan casis. Kalau tidak memungkinkan, jepitkan pada lempeng logam mengkilat yang tidak di cat di dalam ruang mesin, namun jauh dari komponen bergerak , misalnya fan belt.
  7. Cek lagi tidak ada kabel menjuntai ke arah benda bergerak di ruang mesin.
  8. Setelah diyakini aman, hidupkan mobil yang normal selama 1-2 menit. Injak gas dengan pelan untuk sedikit meningkatkan putaran mesin.
  9. Hidupkan mobil yang rusak, mungkin perlu lebih dari sekali, namun jangan sampai mengulangi hingga empat kali atau lebih. Kalau gagal di percobaan pertama, mungkin perlu penjepit ground lain untuk kabel negatif, dan biarkan mobil yang normal hidup selama lima menit sebelum mobil yang rusak dhidupkan. Atau untuk pilihan terakhir, ujung kabel negatif dijepitkan pada kutub negatif aki yang rusak, namun berisiko memercik pada gas hidrogen yang keluar dari aki. Jika belum hidup juga, lebih baik mobil diderek.

10. Kalau mesin berhasil menyala, biarkan selama lima menit , sedikit di atas idle dengan menekan gas pelan-pelan, setelah itu biarkan menyala 20 menit dalam posisi idle (tanpa menginjak gas). Prosedur  cukup untuk mengisi setrum pada aki. Jika setelah itu mobil gagal dihidupkan lagi, sebaiknya mengganti dengan aki baru. (E-002/BBS)***