Laporan Pembakaran Bendera Nasdem Dinilai Tak Penuhi Unsur Formil

95

D-p-d partai nasdem kota bandung melaporkan insiden pembakaran bendera partai, yang dilakukan orang tak dikenal, ke kantor bawaslu kota bandung. meski begitu, laporan tersebut tak dapat ditindaklanjuti bawaslu, lantaran tidak memenuhi unsur formil dalam perundang- undangan pelanggaran pemilu.

Dpd partai nasdem kota bandung langsung melaporkan temuan pembakaran bendera partai nasdem oleh orang tidak dikenal, di kelurahan margasari, kecamatan buah batu, ke bawaslu kota bandung. laporan tersebut disertai bukti foto dan sisa bendera partai, yang diduga dibakar orang tidak dikenal.

Namun, laporan temuan pembakaran tersebut tidak bisa dilanjutkan pihak bawaslu kota bandung. menurut ketua bawaslu kota bandung, zacky muhammad, bawaslu telah mengantongi surat pelaporan sejak sepekan terakhir.

Namun, meski telah menerima berkas tersebut, pihak bawaslu tidak bisa melanjutkan kasus itu akibat kurangnya syarat formil, untuk pemenuhan berkas laporan, salah satunya data terlapor. hal ini karena bawaslu tidak punya perangkat untuk menyelidiki pelaku pembkaran bendera partai tersebut. meski begitu, pihak bawaslu kota bandung mengapresiasi langkah partai nasdem, dengan melaporkan kasus temuan tersebut.

Sememtara itu, di tempat terpisah, ketua dpd nasdem kota bandung, hery mos menganggap aneh jawaban bawaslu kota bandung. keanehan tersebut terlihat dari data terlapor yang tidak dicantumkan. menurut hari mos, jika pelakunya sudah diketahui, dirinya tidak perlu melapor ke bawaslu.

Pihak nasdem pun terus menunggu langkah bawaslu, hingga kasus insiden pembakaran bendera partai dapat diusut tuntas.

Yuwana kurniawan, bandung tv.