Lima Raperda Urung Disahkan

35

BISNIS BANDUNG-DPRD Jabar,  urung   mengesahkan sebanyak lima Rancangan Peraturan Daerah (Raperda)  pada tahun 2018. Diharapkan, semua Raperda tersebut bisa  disahkan  Januari 2019.

Lima Raperda yang belum berhasil disahkan di antaranya Raperda tentang pajak kendaraan bermotor, struktur organisasi perangkat daerah, tata ruang, dan RPJMD.

“Januari akan full menyelesaikan lima Raperda yang kemarin disampaikan ke DPRD di akhir tahun. Salah satunya soal pajak sudah dalam tahap finalisasi sedang dalam penyelarasan,” kata  Ketua DPRD Jabar Ineu  Sundari di Gedung DPRD Jabar,  pekan ini.

Ia  menjelaskan lima Raperda itu tidak berhasil diselesaikan di 2018 karena mepetnya waktu pembahasan. Sehingga lima Raperda yang awalnya ditargetkan selesai di akhir tahun, harus kembali dibahas di awal tahun ini.

“Lima Raperda yang diusulkan itu akhir tahun selesai, tapi masuk ke kami Desember,” ucapnya.

Ineu menuturkan sepanjang 2018 pihaknya telah berhasil mengesahkan 15 Raperda, di antaranya Perda tentang ekonomi kreatif, kewirausahaan dan lainnya.  Pada 2018 itu ada 18 Raperda yang disahkan.(B-002)***