Apple Digugat Lebih dari Rp900 Juta, Ada Apa?

32

ASISTEN digital Siri tersedia dalam beragam bahasa di seluruh dunia. Terkini, Apple dikabarkan memiliki masalah terkait penggunaan bahasa Ibrani pada layanan Siri tersebut.

Dilansir dari laman Jewish News, Rabu (2/1/2019), Apple dikabarkan digugat oleh Galit Gura-Eini, seorang aktris pengisi suara Siri dalam bahasa Ibrani. Ia mengajukan gugatannya pekan lalu di Pengadilan Distrik Tel Aviv, Israel. Gugatan tersebut menyatakan bahwa Apple telah menggunakan rekaman suaranya tanpa izin.

Sebelumnya, Gura-Eini telah melakukan kontrak rekaman suaranya untuk perusahaan teknologi Nuance di 2007. Kemudian Gura-Eini terkejut karena suaranya dipakai juga dalam Siri.

Apple mengklaim, pihaknya telah memperoleh hak atas rekaman tersebut karena Apple telah mengakuisisi Nuance. Oleh karena itu mereka tidak meminta izin kembali rekaman suara tersebut.

Gura-Eini juga telah meminta Apple untuk menghapus suaranya tersebut. Ini dikarenakan suaranya digunakan untuk mengucapkan hal-hal yang mengandung kekerasan dan konten seksual.

Gugatan tersebut diduga karena Siri memberikan jawaban aneh ke penggunanya pada November lalu. Siri didapatkan menampilkan gambar Presiden Amerika Serikat, Donald Trump dengan alat kelamin pria saat ditanya umur.

Tetapi permintaan tersebut ditolak Apple. Oleh karena itu, Gura-Eini menggugat Apple dan meminta ganti rugi sebesar USD66.000 atau sekira Rp961 juta. Gura mengatakan, suaranya dapat memberikan kesan negatif dan membingungkan orang meskipun digunakan dalam fitur teknologi. (C-003/ahl)***