Bantaran Sungai Citanduy Jadi Primadona Warga

38

Sungai Citanduy, mungkin tidak asing lagi bagi Kota Banjar. Sungai yangg membelah separuh Kota Banjar berada di wilayah Kecamatan Purwaharja. Walau bukan destinasi wisata komersil, tapi tidak sedikit penduduk yang nongkrong-nongkrong di pinggiran sungai ini karena nyaman dengan pemandangan cukup keren karena di beberapa titik tepi sungai dibangun taman yang nyaman dikunjungi.

Tepian Sungai Citanduy yang sudah tertata benar-benar jadi primadona yang memiliki daya tarik sendiri. Selain manfaat bantaran sungai yang telah tertata, aktivitas yang bisa dilakukan pada alur Sungai Citanduy adalah Olah Raga Arus Deras (ORAD) atau Arung Jeram. Di alur sungai ini banyak penggiat olahraga Arung Jeram yang sudah menikmati keindahan dan cipratan air Sungai Citanduy dengan vegetasi alam sangat memukau. Penikmat olah raga arus deras, bukan hanya komunitas dari Kota Banjar saja, namun mereka datang berbagai daerah yang biasa melakukan aktivitas pada setiap akhir pekan.

Berbagai fasilitas penunjang wisata dibangun oleh pemerintah setempat untuk memanjakan warganya agar betah melakukan berbagai aktivitas di tepi sungai. Selain menikmati taman serta olahraga air deras, disepanjang aliran Citanduy bisa melihat warga masyarakat menambang pasir. Aktivitas para penambang ini bisa menjadi objek foto yang cukup artistik, karena itu tidak jarang para pehobi fotografi mengabadikan aktivitas mereka dengan lensa kameranya. Pasir yang dihasilkan oleh para penambang Sungai Citanduy diketahui memiliki kualitas bagus untuk bahan bangunan, pemasarannya bisa menembus ke luar Kota Banjar.

Penasaran dengan tempat wisata di Kota Banjar, tak ada salahnya bila ada kesempatan  luangkan waktu untuk mengunjungi Kota Banjar untuk menikmati alam yang tenang dan sejuk. Aksebilitas menuju Kota Banjar dari berbagai kota cukup bagus. Kota Banjar bisa di tempuh melaui moda transportasi kendaraan roda dua, empat maupun kereta api. (E-001) ***