Tanda-Tanda Kerusakan Rem Tromol

80

Keselamatan dan keamanan saat berada dalam perjalanan adalah harapan semua pengemudi. Namun terkadang musibah bisa terjadi sewaktu-waktu, tanpa diduga. Salah satu kendala saat berkendara yang muncul tiba-tiba salah satunya adalah rem macet atau blong.

Tentu saja hal ini sangat membahayakan, karena mobil kita tak bisa dikontrol saat berada dalam kondisi di jalanan yang  berpotensi menimbulkan tabrakan. Kondisi rem bermasalah harus kita deteksi lebih dini gejala-gejalanya. Terutama rem mobil yang masih menggunakan sistem tromol.

Tidak seperti rem cakram, rem tromol merupakan komponen yang memang tahan lama dan  jarang diganti.

Karena jarang rusak, kita harus mengenali tanda-tanda kerusakan rem tromol.

  1. Pedal Rem Terasa Dalam

Jika pedal rem diinjak terasa dalam, berarti ada yang tidak beres dengan sistem pengereman tromol. Jika mengalami hal ini, biasanya disebabkan oleh kondisi brake pad atau tromol yang sudah mulai tipis dan perlu diganti.

Namun bisa juga penyebabnya adalah karena terjadi rembesan pada wheel cylinder tromol atau bisa juga karena setelan rem tangan yang sudah mulai tinggi dan harus disetel ulang.

Perlu diperhatikan, rem terlalu dalam merupakan awal dari gejala rem blong, biasanya para pengguna enggan memperbaiknya. Hal ini dapat menyebabkan rem semakin dalam dari waktu ke waktu, hingga terjadi kasus rem blong yang menyebabkan terjadinya kecelakaan.

  1. Timbul Bunyi

Tanda selanjutnya yang menjadi alarm rem tromol sudah mengalami kerusakan adalah  munculnya bunyi berdecit setiap kali pedal rem diinjak. Bunyi ini akan semakin terasa ketika menginjak pedal rem saat mobil melaju di kecepatan 60 hingga 80 km/jam.

  1. Mobil Terasa Bergetar

Tanda ketiga adanya getaran saat menginjak rem. Biasanya, getaran tersebut akan semakin terasa keras saat sedang melajut pada kecepatan tinggi.

Terkadang  memperbaiki rem tromol bisa dengan cara dibubut untuk menghemat biaya yang harus dikeluarkan. Namun jika kondisinya sudah terlalu parah, tetap harus diganti dengan yang baru.

Itulah beberapa tanda yang bisa dikenali untuk mengetahui kondisi rem tromol. Jangan pernah mengganggap remeh tanda-tanda yang muncul, dan segera bawa kendaraan anda untuk diperbaiki di bengkel-bengkel terdekat. (E-002/BBS)***