Ki Bagus Rangin Diusulkan Menjadi Pahlawan Nasional

66

BISNIS BANDUNG-Anggota Komisi II DPRD Jabar Drajat Hidayat Sutardja menyatakan  siap mengajukan kembali berkas-berkas Ki Bagus Rangin menjadi Pahlawan Nasional.

Agar keinginan rakyat Jawa Barat itu bisa terkabul, semua pihak diminta ikuti membant, tidak terkecuali senator atau DPR RI Asal Jabar.

“Masih ada kesempatan  agar keuinginan terkabul  pahlawan dari tatar Pasundan, semua pihak harus membantu agar usulan kedua yang akan diajukan tahun 2019 ini  bisa gol, tidak kandas seperti usulan pertama,” kata Drajat  kepada wartawan, Senin (7/1) di Bandung.

Usulan menjadikan Ki Bagus Rangin sebagai pahlawan nasional bermula dari sebuah seminar yang dilakukan di Majalengka. Saat itu yang menjadi ketuanya adalah TB Hasanuddin. Berdasarkan data dari seminar tersebut, Pemprov dan DPRD Jabar dan Bupati Majalengka, tempat kelahiran Ki Bagus Rangin, menghadap ke Kementerian Sosial untuk mengajukan Ki Bagus Rangin sebagai pahlawan nasional.

Usulan tersebut tidak diterima, karena kementerian sosial saat itu beralasan ceritanya tidak lengkap. Beruntung, titik cerah kembali didapat, tim pengusul yang beberapa di antaranya terdiri H Hardjoko S dan H Ayi Sumantri berhasil bertemu dengan keluarga ahli waris dari Ki Bagus Rangin.

Dari keluarga akhirnya berhasil didapat silsilah lengkap keluarga Ki Bagus Rangin. Ada bukti  senjata-senjata perang dan baju-baju Ki Bagus Rangin. Selain itu, buku-buku epos tentang kisah perjuangan Ki Bagus Rangin  sangat banyak. Bahkan ada yang sudah dipentaskan dalam bentuk pentas teater modern.

“Pentas teater, epos-epos rakyat tentang Ki Bagus Rangin adalah bukti, keinginan agar Ki Bagus Rangin menjadi pahlawan nasional,  bukan hanya milik pemerintah daerah saja tetapi sudah menjadi keinginan seluruh rakyat,” katanya.(B-002)***