Sejumlah Sayuran Lembang Tembus Pasar Ekspor

24

Mengawali agenda tahun 2019, menteri pertanian atau mentan, andi amran sulaiman, langsung tancap gas menggenjot ekspor ke sejumlah negara, berbagai komoditas pertanian sayuran di lembang, kabupaten bandung barat. bahkan kontribusi sektor pertanian meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional atau pdb, hingga 47,2 persen, senilai 1 koma 3 triliun.

Amran menjelaskan, volume ekspor sayuran segar dari kabupaten bandung barat cukup besar. hal tersebut berdasarkan potensi pengembangan sayuran di kawasan pertanian lembang yang sangat luas dan subur, serta tingginya dukungan dari pemerintah baik pusat maupun daerah.

Jenis sayuran daun yang diekspor meliputi buncis kenya, buncis super, edamame, zuchini, kyuri, red oakleaf dan radichio. jenis sayuran ini akan diekspor ke sejumlah negara seperti brunei darusalam, singapura, dan hongkong. volume ekspor sayuran kabupaten bandung barat setahunnya mencapai 1.500 ton atau 3,5 sampai 4 ton per hari. sebelumnya, indonesia mengimpor dari australia dan amerika. tapi kini, indonesia mampu mengekspor ke singapura, brunei darussalam dan hong kong.

Kinerja sektor pertanian berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi. berdasarkan data bps, akumulasi kinerja ekspor pangan sejak 2016 hingga 2018 naik 29%, serta inflasi pangan tahun 2014 sebesar 10,57% turun menjadi 1,26% pada tahun 2017. investasi naik 110% dengan nilai rp 94,2 triliun. bahkan kontribusi sektor pertanian meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional atau pdb naik 47,2 persen senilai rp 1 koma 375 triliun. rencananya, untuk meningkatkan produksi dan volume ekspor, menteri pertanian akan rekrut petani milenial, dengan target 1 juta petani.

Algi m. Ghifari, bandung tv.