PEMKOT Bandung Operasikan Danau Retensi Sirnaraga

44

Wali kota bandung, oded muhammad danial, meresmikan danau retensi pengendali banjir sirnaraga, di kecamatan  padjajaran, kota bandung, selasa pagi. danau yang dibangun tepat di samping aliran sungai citepus tersebut diproyeksikan untuk mengatasi banjir   cileuncang, yang kerap melanda   kawasan pasteur dan pagarsih.

Dengan didampingi kepala dinas pekerjaan umum, arif prasetya, walikota bandung, oded   muhammad danial, meresmikan danau retensi pengendali banjir, di kawasan sirnaraga, kecamatan padjajaran, kota bandung, selasa pagi.

Peresmian ditandai dengan dibukanya pintu air dari dalam danau ke aliran sungai citepus. danau retensi sirnaraga itu merupakan salah satu upaya pemerintah daerah kota bandung, untuk mengurangi potensi banjir yang kerap melanda kawasan pasteur dan pagarsih.

Sistem kerja danau retensi tersebut yakni sebagai tempat parkir air sementara, jika aliran sungai citepus meluap. apabila kondisi air kembali normal, pintu air di danau akan secara otomatis terbuka dan kembali mengalir ke aliran sungai citepus.

Kolam retensi sirnaraga itu dibangun dengan luas 1.900 meter persegi. dengan luasan tersebut volume air yang dapat ditampung 3000 meter kubik.

Setelah menyelesaikan danau retensi sirnaraga di kawasan pajajaran, pemkot bandung akan membangun danau retensi serupa di gedebage. nantinya, danau retensi di kawasan tersebut diproyeksi mengurangi banjir di kawasan bandung timur.

Yuwana kurniawan, bandung tv.